PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p147-152Keywords:
Hasil Belajar, Pendekatan KontekstualAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dengan melakukan dua siklus dan terbagi dalam empat tahap kegiatan di setiap siklus, yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian memperoleh hasil bahwa penggunaan pendekatan kontekstual pada pembelajaran matematika memberikan dampak sangat besar terhadap hasil belajar siswa. Hal ini nampak pada peningkatan aktivitas siswa selama pembelajaran yang dapat dikategorikan aktif atau sangat baik. Hasil belajar klasikal mengalami peningkatan signifikan sehingga dapat menjadi salah satu alternatif pilihan untuk meningkatkan hasil belajar siswa jika didapatkan kesulitan belajar pada materi matematika.
Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan Kontekstual.
References
Abdurrahman. (2012). Anak Berkesulitan Belajar : Teori, diagnosis, dan Remediasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Andikarlina, A. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Melalui Tes Diagnostik Pada Materi Lingkaran Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Kalimanah Tahun 2014/2015. (Bachelor Thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto). Retrieved from https://repository.ump.ac.id/111/
Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Diatmika, I. K. N. (2018). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 436. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16165.
Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Indriani, R. (2017). Aktivitas Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 261-267. https://doi.org/10.23969/jp.v2i2.841.
Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Muhibbin, S. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mustafa, P. S. et al. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga. Malang: Universitas Negeri Malang.
Nurlita, Sari. (2014). Pengaruh Minat dan Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik V SDN di Kelurahan Selat Dalam. (Skripsi, Universitas Muhamadyah Palangkaraya). Retrieved from http://www.umpalangkaraya.ac.id/perpustakaan/digilib/files/disk1/6/123-dfadf-sarinaruli-264-1-407pgsd.pdf
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wandini, R. R. (2019). Pembelajaran Matematika untuk Calon Guru MI/SD. Medan: CV. Widya Puspita
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

