PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Authors

  • Widya Lestari Universitas Terbuka
  • Nursiam Nursiam Universitas Terbuka
  • Chandra Chandra Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p147-152

Keywords:

Hasil Belajar, Pendekatan Kontekstual

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dengan melakukan dua siklus dan  terbagi  dalam  empat  tahap kegiatan di setiap siklus, yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian   memperoleh   hasil   bahwa penggunaan pendekatan kontekstual pada pembelajaran matematika memberikan dampak sangat besar terhadap hasil belajar siswa. Hal ini nampak pada peningkatan aktivitas siswa selama pembelajaran yang dapat dikategorikan aktif atau sangat baik. Hasil belajar klasikal mengalami peningkatan signifikan sehingga dapat menjadi salah satu alternatif pilihan untuk meningkatkan hasil belajar siswa jika didapatkan kesulitan belajar pada materi matematika.

 Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan Kontekstual.

References

Abdurrahman. (2012). Anak Berkesulitan Belajar : Teori, diagnosis, dan Remediasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Andikarlina, A. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Melalui Tes Diagnostik Pada Materi Lingkaran Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Kalimanah Tahun 2014/2015. (Bachelor Thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto). Retrieved from https://repository.ump.ac.id/111/

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Ayunis, A., & Belia, S. (2021). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Perkembagan Literasi Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5363–5369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1508.

Diatmika, I. K. N. (2018). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 436. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16165.

Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Indriani, R. (2017). Aktivitas Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 261-267. https://doi.org/10.23969/jp.v2i2.841.

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Muhibbin, S. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mustafa, P. S. et al. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nurlita, Sari. (2014). Pengaruh Minat dan Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik V SDN di Kelurahan Selat Dalam. (Skripsi, Universitas Muhamadyah Palangkaraya). Retrieved from http://www.umpalangkaraya.ac.id/perpustakaan/digilib/files/disk1/6/123-dfadf-sarinaruli-264-1-407pgsd.pdf

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wandini, R. R. (2019). Pembelajaran Matematika untuk Calon Guru MI/SD. Medan: CV. Widya Puspita

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Lestari, W., Nursiam, N., & Chandra, C. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 147–152. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p147-152
Abstract views: 188 , PDF Downloads: 144