STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PROGRAM PLUS DI SD NEGERI 1 TEGALGIRI NOGOSARI BOYOLALI
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p74-82Keywords:
Strategy , Quality of EducationAbstract
Pendidikan merupakan faktor utama dalam pembetukan pribadi manusia. Kepala sekolah merupakan pemimpin yang berperan penting dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Strategi yang tepat dapat membuat suatu perubahan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi peningkatan mutu pendidikan melalui program plus di SD Negeri 1 Tegalgiri Nogosari Boyolali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis model interaktif. Hasil temuan pada penelitian ini antara lain: 1) Deskripsi data, 2) Interprestasi data, 3) Faktor pendukung dan penghambat, 4) Keterbatasan penelitian.
References
Sutedi, Adriyan. 2007. Hukum Perbankkan: Suatu Tinjauan Pencucian uang, Merger, Liquidasi, dan Kepailitan. Jakarta: Sinar Grafika.
Mulyasana, Dedi. 2012. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wahjosumidjo. 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Daryanto. 2011. Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Mulyasa, E. 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Zuhro, Aminatul. 2015. Total Quality Management: Capaian Kualitas Output melalui Sistem Kontrol Mutu Sekolah. Cendekia.
Solehan. 2015. Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Negeri Muara Enim.
David, Fred. R. 2009. Manajemen Strateg. Jakarta: Salemba Empat.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2007. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Moleong, L. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Mengklasifikasikan observasi menjadi observasi berpartisipasi, observasi terang-terangan dan tersamar, dan observasi yang tak bestruktur. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. W. 2015. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Satori, Djam’an dan Komariah, A. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Moleong, L. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial, edisi ke-2. Jakarta: Erlangga.
Sallis, Edward. 2012. Total Quality Managemen In Education. Yogyakarta: IRCiSoD.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Author(s) who wish to publish with Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals' published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.

