STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PROGRAM PLUS DI SD NEGERI 1 TEGALGIRI NOGOSARI BOYOLALI

Authors

  • Qomarudin Qomarudin Manajemen Pendidikan Pascasarjana UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Fetty Ernawati Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p74-82

Keywords:

Strategy , Quality of Education

Abstract

Pendidikan merupakan faktor utama dalam pembetukan pribadi manusia.  Kepala sekolah merupakan pemimpin yang berperan penting dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Strategi yang tepat dapat membuat suatu perubahan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi peningkatan mutu pendidikan melalui program plus di SD Negeri 1 Tegalgiri Nogosari Boyolali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis model interaktif. Hasil temuan pada penelitian ini antara lain: 1) Deskripsi data, 2) Interprestasi data, 3) Faktor pendukung dan penghambat, 4) Keterbatasan penelitian.

References

Sutedi, Adriyan. 2007. Hukum Perbankkan: Suatu Tinjauan Pencucian uang, Merger, Liquidasi, dan Kepailitan. Jakarta: Sinar Grafika.

Mulyasana, Dedi. 2012. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahjosumidjo. 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2011. Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Zuhro, Aminatul. 2015. Total Quality Management: Capaian Kualitas Output melalui Sistem Kontrol Mutu Sekolah. Cendekia.

Solehan. 2015. Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Negeri Muara Enim.

David, Fred. R. 2009. Manajemen Strateg. Jakarta: Salemba Empat.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2007. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Moleong, L. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D, Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Mengklasifikasikan observasi menjadi observasi berpartisipasi, observasi terang-terangan dan tersamar, dan observasi yang tak bestruktur. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. 2015. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Satori, Djam’an dan Komariah, A. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Moleong, L. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial, edisi ke-2. Jakarta: Erlangga.

Sallis, Edward. 2012. Total Quality Managemen In Education. Yogyakarta: IRCiSoD.

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Qomarudin, Q., & Ernawati, F. . (2023). STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PROGRAM PLUS DI SD NEGERI 1 TEGALGIRI NOGOSARI BOYOLALI. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), 74–82. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p74-82
Abstract views: 59 , PDF Downloads: 397