PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC ) PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Hemilda Sridarmini Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Bangkinang
  • Mufarizuddin Mufarizuddin Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Bangkinang
  • Rizki Ananda Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Bangkinang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p54-60

Keywords:

Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Kemampuan Membaca Pemahaman, Sekolah Dasar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 007 Pulau Tinggi, tepatnya pada materi Tema 7 Indahnya Keragaman Negeriku. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya membaca pemahaman siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang, 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana penerapannya dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui adanya peningkatan dalam kemampuan membaca pemahaman siswa hanya 45% dengan kategori kurang. Dalam melaksanakan siklus 1 pertemuan 1, ketuntasan hasil kemampuan membaca pemahaman siswa mencapai 70% dengan kategori cukup. Pada siklus 1 pertemuan 2 hasil tes kemampuan membaca pemahaman siswa mencapai 75% dengan kategori cukup. Pada siklus 2 pertemuan 1 hasil tes kemampuan membaca pemahaman siswa mencapai 80% dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus 2 pertemuan 2 hasil tes kemampuan membaca pemahaman siswa mencapai 90% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).

 

References

Afni N, Sari D, Syamsuri A S, and Arif T A 2020 Pengaruh Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review ( PQ4R ) terhadap Membaca Pemahaman Siswa Kelas VSDInpresTetebatu Kabupaten Gowa J. Ilmu Kependidikan 4(1) 16–21

Cici, R,. S. (2020). Model Cooperative Integrated Reading and Composition sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol 4 (2), 1335-1346.

Depdiknas. 2011. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Menjaminan Mutu Pendidikan.

Fitriani. (2018). Keterampilan Membaca Nyaring dengan Menggunakan Media Kartu Kata. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 1(1), 37–46.

Harahap. 2019 . Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Global Pada Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Vol.7 No.3

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-

Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ilham, Mhd Jasri dkk. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Bermuatan Nilai Karakter terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan Humaniora, 4(3):121-131.

Lestari, R. P., Rukayah, & Kamsiyati, a. S. (n.d.). Analisis kesulitan membaca pemahaman pada pesertadidikkelas v sekolah dasar.

Mirasanth, K. G., Suarjana, M., & Garminah, N. N. (2016). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Membaca Pemahaman. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1-10.

Mirasanthi, K. G., Suarjana, M., & Garminah, N. N. (2016). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Membaca Pemahaman. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1) , 1-10.

Maulana P and Akbar A 2017 Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD(Student TeamAchievement Divisoin) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman di SekolahDasar J. Pesona Dasar 5(2) 46–59

Mariati. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu Kata pada Siswa Kelas IA SDN 01 Taman Kota Madiun. Wahana Kreatifitas Pendidik, I(2), 61–68.

Nurhadi. 2010. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca?. Sinar Abru Algensindo.

Nurrahmah, (2018). Peningkatan Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Aspek Membaca Pemahaman Murid Kelas IV SD Inpres Kalompi Kabupaten Barru. Universitas Muhammadiyah Makassar, Makasar, Skripsi Tidak Dipubliskan

Puspitasari, D. (2015). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Pendek Melalui Penerapan Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Pada Siswa Kelas V Sd Negeri I Rabakkabupaten Purbalingga. Metafora, 2(1).

Setiawati dkk. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Berbasis Tulisan Eksposisi terhadap kemampuan Membaca Intensif Siswa Kelas IV.

(2):1-10.

Shoimin, Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suryani, A. I. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Membaca Siswa. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 115-125.

Samsu Somadayo.(2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Susilo S V and Garnisya G R 2018 Penerapan Model Multiliterasi Untuk MeningkatkanKemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar J. Cakrawala Pendas.

Sumadyo. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suprijono, Agus. 2014. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanti, B. (2016). Dengan Menggunakan Media Potongan-Potongan Kata Dapat Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring di Kelas I SD Negeri 05 Kabawetan. Jurnal Ilmiah PGSD, 9(3), 331–339.

Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tarigan, Henri Guntur. 2015. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan. (2011). Membaca Sebagai Suat Keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tusfiana, I. A. (2020). Kesulitan membaca pemahaman siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 78-85.

Zakiyyah. H, (2019). Keefektifan Model CIRC (Cooperative Integrative Reading and Compotision) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Gugus Langlang Yudho Blora. Universitas Negeri Semarang, Semarang, Skripsi Tidak Dipubliskan.

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Sridarmini, H., Mufarizuddin, M., & Ananda, R. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC ) PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(1), 54–60. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p54-60
Abstract views: 980 , PDF Downloads: 1186