Hypothetical Learning Trajectory: Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Etnomatematika Konteks Jamu Sinom

Authors

  • Fasyah Alya Syabrina Universitas Negeri Surabaya
  • Wiryanto Wiryanto Universitas Negeri Surabaya
  • Neni Mariana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n2.p125-132

Keywords:

Ethnomatematics, Addition and Subtraction, RME

Abstract

Matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang sangat sulit dipahami,karena pendekatan yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran masih
bersifat tradisional. Melihat permasalahan tersebut, maka peneliti melakukanpenelitian tentang Hypothetical Learning Trajectory (HLT) RME berbasis
etnomatematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui lintasan belajar (HLT 1) terkait materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah dengan menggunakan pendekatan RME berbasis etnomatematika melalui minuman tradisional jamu sinom; 2) Mengetahui hasil dari implementasi HLT 1 dan rancangan HLT 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design and research dengan teknik pengumpulan data berupa foto dan video, pengerjaan LKPD, dan kegiatan observasi yang berupa pengamatan keadaan kelas dan peserta didik secara langsung. Subjek penelitian terdiri dari 4 orang siswa kelas II di SDN Banyu Urip II Surabaya. Hasil penelitian ini berupa desain HLT khususnya untuk materi operasi penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan pendekatan RME berbasis etnomatematika melalui konteks tradisional minuman jamu sinom.

References

Abroriy, D. (2020). Etnomatematika dalam Prespektif Budaya Madura. Jember: Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education.

Agustina, E. N. S., Widadah, S. & Nisa, P. A., (2021).

Developing Realistic Mathematics Problem Based on Sidoarjo Local Wisdom. Mathematics Teaching Research Journal, 12(4), 181-201.

Saputra, D. S., Yuliati, T., & Hidayat, D. A. (2019). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Numeracy, 6(2), 181-188.

Sari, N. R., Wahyuni, P., & Larasati, A. (2020). Analisis Makanan Tradisional Dalam Prespektif Etnomatematika Sebagai Pendukung Literasi dan Sumber Belajar.

Vol xx, No xx, xxx 20xx

http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Syabrina, F. A. ., Wiryanto, W., & Mariana, N. (2022). Hypothetical Learning Trajectory: Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Etnomatematika Konteks Jamu Sinom. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(2), 125–132. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n2.p125-132
Abstract views: 133 , PDF Downloads: 137