Hypothetical Learning Trajectory: Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Melalui Etnomatematika Konteks Jamu Sinom
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n2.p125-132Keywords:
Ethnomatematics, Addition and Subtraction, RMEAbstract
Matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang sangat sulit dipahami,karena pendekatan yang diterapkan dalam kegiatan pembelajaran masih
bersifat tradisional. Melihat permasalahan tersebut, maka peneliti melakukanpenelitian tentang Hypothetical Learning Trajectory (HLT) RME berbasis
etnomatematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui lintasan belajar (HLT 1) terkait materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah dengan menggunakan pendekatan RME berbasis etnomatematika melalui minuman tradisional jamu sinom; 2) Mengetahui hasil dari implementasi HLT 1 dan rancangan HLT 2. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design and research dengan teknik pengumpulan data berupa foto dan video, pengerjaan LKPD, dan kegiatan observasi yang berupa pengamatan keadaan kelas dan peserta didik secara langsung. Subjek penelitian terdiri dari 4 orang siswa kelas II di SDN Banyu Urip II Surabaya. Hasil penelitian ini berupa desain HLT khususnya untuk materi operasi penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan pendekatan RME berbasis etnomatematika melalui konteks tradisional minuman jamu sinom.
References
Abroriy, D. (2020). Etnomatematika dalam Prespektif Budaya Madura. Jember: Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education.
Agustina, E. N. S., Widadah, S. & Nisa, P. A., (2021).
Developing Realistic Mathematics Problem Based on Sidoarjo Local Wisdom. Mathematics Teaching Research Journal, 12(4), 181-201.
Saputra, D. S., Yuliati, T., & Hidayat, D. A. (2019). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Numeracy, 6(2), 181-188.
Sari, N. R., Wahyuni, P., & Larasati, A. (2020). Analisis Makanan Tradisional Dalam Prespektif Etnomatematika Sebagai Pendukung Literasi dan Sumber Belajar.
Vol xx, No xx, xxx 20xx
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

