IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM MELALUI BUDAYA LOKAL “BATIK JUMPUT’ DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p17-22Keywords:
pembelajaran, peserta didik, SD, STEAMAbstract
ABSTRAK
Pengintegrasian beberapa disiplin ilmu secara kreatif dipandang perlu sebagai suatu kebutuhan global. STEAM dapat mendorong peserta didik untuk memahami pembelajaran dan memecahkan masalah secara kreatif sesuai pengembangan keterampilan abad 21. Namun, metode ini masih tergolong baru di Indonesia sehingga tidak banyak sekolah-sekolah yang telah berhasil mengembangkannya. Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan model pembelajaran STEAM kepada para peserta didik dari Sekolah Dasar (SD) Negeri Babatan IV Kecamatan Wiyung Kota Surabaya. Metode participatory action research (PAR), di mana peserta didik diberikan penjelasan, melakukan praktikum, dan berdiskusi secara langsung digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari diskusi setelah praktikum menunjukkan bahwa siswa sangat antusias dalam belajar menggunakan model STEAM. Para peserta didik merasa bahwa model STEAM sangat membantu mereka memahami materi pembelajaran. Hal ini mengindikasikan bahwa penelitian berjalan sukses dan bermanfaat bagi para peserta didik.
Keywords: pembelajaran, peserta didik, SD, STEAM
References
Belbase, S. (2019). STEAM Education Initiatives in Nepal. Steam, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.5642/STEAM.20190401.07
Choi, B., & Young, M. F. (2021). TPACK-L: teachers’ pedagogical design thinking for the wise integration of technology. Technology, Pedagogy and Education, 30(2), 217–234. https://doi.org/10.1080/1475939X.2021.1906312
Dejarnette, N. K. (2018). Implementing STEAM in the Early Childhood Classroom. European Journal of STEM Education, 3(3), 18. https://doi.org/10.20897/ejsteme/3878
Hasyim, U., Hasyim, U., & Hasyim, U. (2021). Implementasi Pembelajaran Batik Jumputan Pada Mata Kuliah Pendidikan Seni Rupa Mahasiswa Pgsd. 1–6.
Kalikatir, D. I. D. (2019). Pembuatan Batik Jumputan. Penamas Adi Buana, 2, 33–38.
Mariana, N. (t.t.). AKTIVITAS STEAM “MAKE SLINGSHOT POWERFULL WITH RING” DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Ejournal.Unesa.Ac.Id. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/46660
Nasir, M. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah ( Problem Based Learning ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pelajaran Matematika. Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 1–19. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/381
Nathania, N. V, Heryanto, N. Y., & Indrajaya, F. (2021). Perancangan Media Pembelajaran untuk Pendidikan Anak Usia Dini Metode Penelitian Participatory Action Research (Studi Kasus: Desa Gunung Sari Kecamatan …. Prosiding Seminar Nasional …, 336–338. https://122.200.2.51/index.php/SNDS/article/view/3257
Nuragnia, B., & Usman, H. (2021). PEMBELAJARAN STEAM DI SEKOLAH DASAR: IMPLEMENTASI DAN TANTANGAN. Jurnal Pendidikan …. http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/2388
Nuragnia, B., Nadiroh, & Usman, H. (2021). Pembelajaran Steam Di Sekolah Dasar : Implementasi Dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 187–197. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.2388
Nurhasanah, A., & Zelela, M. S. (2021). Penerapan Pembelajaran Inovatif STEAM di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu …. https://ojs.unm.ac.id/JIKAP/article/view/20309
Nurwulan, N. R. (2020). Pengenalan Metode Pembelajaran STEAM Kepada Para Siswa Tingkat Sekolah Dasar Kelas 1 Sampai 3. Jurnal Madaniya, 1(3), 140–146.
Pahlawan, U., Tambusai, T., Perwitasari, D., & Fatayan, A. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling di Sekolah Dasar Islam. 4, 2556–2560.
Pelestarian, U., & Masyarakat, E. (2019). 8272-22295-3-Pb. 2(2), 75–80.
Pendidikan, J., & Vol, P. M. (2022). Akses yang sulit dengan kondisi geografis yang berbukit-bukit dan lereng-lereng yang terjal menjadikan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) di Desa Wonomerto Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang belum memiliki kurikulum dan administrasi yang tertata. Di sisi lain kesadaran masyarakat atas pengelolaan administrasi TPQ yang baik, masih perlu peningkatan. 5(4).
Permata Sari, N. (2020). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis STEAM Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 1–12.
Pucung, K. P., & Selatan, T. (n.d.). PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL MELALUI MURAL SEBAGAI TERHADAP NILAI DAN NORMA WARGA DENGAN METODE PENELITIAN PARTICIPATORY ACTION RESEARCH ( STUDI KASUS : 254–256.
Purnaningrum, E., Putranto, K. ., Azies, H. ., & Ningrum, A. . (2019). Pembuatan Batik Jumputan sebagai Sarana Media Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Guna Peningkatan Kreativitas Peserta Didik. Penamas Adi Buana, 03, 43–50.
Rahmadana, A., & Agnesa, O. S. (2022). Deskripsi Implementasi Steam (Science, Technology, Enginering, Art, Mathematic) dan Integrasi Aspek “Art” Steam pada Pembelajaran Biologi SMA. JOTE: Journal on Teacher Education, 4(1), 190–201.
Starzinski, A. (2017). Foundational Elements Of A Steam Learning Model For Elementary School. School of Education Student Capstone Theses and Dissertations. https://digitalcommons.hamline.edu/hse_all/4349
Tømte, C., Enochsson, A. B., Buskqvist, U., & Kårstein, A. (2015). Educating online student teachers to master professional digital competence: The TPACK-framework goes online. Computers and Education, 84, 26–35. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.01.005
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Author(s) who wish to publish with Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals' published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.