IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM MELALUI BUDAYA LOKAL “BATIK JUMPUT’ DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Salsabila Tiasna Universitas Negeri Surabaya
  • Nisrina Betari Athillah Universitas Negeri Surabaya
  • Vincencia Putri Yolanda Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p17-22

Keywords:

pembelajaran, peserta didik, SD, STEAM

Abstract

ABSTRAK

Pengintegrasian beberapa disiplin ilmu secara kreatif dipandang perlu sebagai suatu kebutuhan global. STEAM dapat mendorong peserta didik untuk memahami pembelajaran dan memecahkan masalah secara kreatif sesuai pengembangan keterampilan abad 21. Namun, metode ini masih tergolong baru di Indonesia sehingga tidak banyak sekolah-sekolah yang telah berhasil mengembangkannya. Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan model pembelajaran STEAM kepada para peserta didik dari Sekolah Dasar (SD) Negeri Babatan IV Kecamatan Wiyung Kota Surabaya. Metode participatory action research (PAR), di mana peserta didik diberikan penjelasan, melakukan praktikum, dan berdiskusi secara langsung digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari diskusi setelah praktikum menunjukkan bahwa siswa sangat antusias dalam belajar menggunakan model STEAM. Para peserta didik merasa bahwa model STEAM sangat membantu mereka memahami materi pembelajaran. Hal ini mengindikasikan bahwa penelitian berjalan sukses dan bermanfaat bagi para peserta didik.

 

Keywords: pembelajaran, peserta didik, SD, STEAM

References

Belbase, S. (2019). STEAM Education Initiatives in Nepal. Steam, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.5642/STEAM.20190401.07

Choi, B., & Young, M. F. (2021). TPACK-L: teachers’ pedagogical design thinking for the wise integration of technology. Technology, Pedagogy and Education, 30(2), 217–234. https://doi.org/10.1080/1475939X.2021.1906312

Dejarnette, N. K. (2018). Implementing STEAM in the Early Childhood Classroom. European Journal of STEM Education, 3(3), 18. https://doi.org/10.20897/ejsteme/3878

Hasyim, U., Hasyim, U., & Hasyim, U. (2021). Implementasi Pembelajaran Batik Jumputan Pada Mata Kuliah Pendidikan Seni Rupa Mahasiswa Pgsd. 1–6.

Kalikatir, D. I. D. (2019). Pembuatan Batik Jumputan. Penamas Adi Buana, 2, 33–38.

Mariana, N. (t.t.). AKTIVITAS STEAM “MAKE SLINGSHOT POWERFULL WITH RING” DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Ejournal.Unesa.Ac.Id. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/46660

Nasir, M. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah ( Problem Based Learning ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pelajaran Matematika. Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 1–19. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/381

Nathania, N. V, Heryanto, N. Y., & Indrajaya, F. (2021). Perancangan Media Pembelajaran untuk Pendidikan Anak Usia Dini Metode Penelitian Participatory Action Research (Studi Kasus: Desa Gunung Sari Kecamatan …. Prosiding Seminar Nasional …, 336–338. https://122.200.2.51/index.php/SNDS/article/view/3257

Nuragnia, B., & Usman, H. (2021). PEMBELAJARAN STEAM DI SEKOLAH DASAR: IMPLEMENTASI DAN TANTANGAN. Jurnal Pendidikan …. http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/2388

Nuragnia, B., Nadiroh, & Usman, H. (2021). Pembelajaran Steam Di Sekolah Dasar : Implementasi Dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 187–197. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.2388

Nurhasanah, A., & Zelela, M. S. (2021). Penerapan Pembelajaran Inovatif STEAM di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu …. https://ojs.unm.ac.id/JIKAP/article/view/20309

Nurwulan, N. R. (2020). Pengenalan Metode Pembelajaran STEAM Kepada Para Siswa Tingkat Sekolah Dasar Kelas 1 Sampai 3. Jurnal Madaniya, 1(3), 140–146.

Pahlawan, U., Tambusai, T., Perwitasari, D., & Fatayan, A. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling di Sekolah Dasar Islam. 4, 2556–2560.

Pelestarian, U., & Masyarakat, E. (2019). 8272-22295-3-Pb. 2(2), 75–80.

Pendidikan, J., & Vol, P. M. (2022). Akses yang sulit dengan kondisi geografis yang berbukit-bukit dan lereng-lereng yang terjal menjadikan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) di Desa Wonomerto Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang belum memiliki kurikulum dan administrasi yang tertata. Di sisi lain kesadaran masyarakat atas pengelolaan administrasi TPQ yang baik, masih perlu peningkatan. 5(4).

Permata Sari, N. (2020). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis STEAM Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 1–12.

Pucung, K. P., & Selatan, T. (n.d.). PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL MELALUI MURAL SEBAGAI TERHADAP NILAI DAN NORMA WARGA DENGAN METODE PENELITIAN PARTICIPATORY ACTION RESEARCH ( STUDI KASUS : 254–256.

Purnaningrum, E., Putranto, K. ., Azies, H. ., & Ningrum, A. . (2019). Pembuatan Batik Jumputan sebagai Sarana Media Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Guna Peningkatan Kreativitas Peserta Didik. Penamas Adi Buana, 03, 43–50.

Rahmadana, A., & Agnesa, O. S. (2022). Deskripsi Implementasi Steam (Science, Technology, Enginering, Art, Mathematic) dan Integrasi Aspek “Art” Steam pada Pembelajaran Biologi SMA. JOTE: Journal on Teacher Education, 4(1), 190–201.

Starzinski, A. (2017). Foundational Elements Of A Steam Learning Model For Elementary School. School of Education Student Capstone Theses and Dissertations. https://digitalcommons.hamline.edu/hse_all/4349

Tømte, C., Enochsson, A. B., Buskqvist, U., & Kårstein, A. (2015). Educating online student teachers to master professional digital competence: The TPACK-framework goes online. Computers and Education, 84, 26–35. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.01.005

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Tiasna, S., Betari Athillah, N. ., & Putri Yolanda, V. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM MELALUI BUDAYA LOKAL “BATIK JUMPUT’ DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(1), 17–22. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p17-22
Abstract views: 257 , PDF Downloads: 453