SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : PENELITIAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN VOSVIEWER DI DATABASE GOOGLE SCHOLAR TAHUN 2020-2022

Authors

  • Azwa Laila Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p31-36

Keywords:

Discovery Learning, Learning, VosViewer

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memeriksa perkembangan penelitian yang membahas discovery learning. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan: (1) peta perkembangan jumlah publikasi yang meneliti discovery learning; (2) mengetahui artikel ilmiah mana yang memiliki jumlah kutipan tertinggi: (3) mengetahui peta perkembangan publikasi ilmiah berdasarkan kata kunci. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah artikel ilmiah dalam database google scholar dengan kata kunci discovery learning, dengan kategori judul artikel, abstrak, kata kunci dalam kisaran 2020-2022. Hasil pencarian menunjukkan bahwa ada 200 artikel ilmiah yang cocok dengan kata kunci berdasarkan aplikasi Harzing's Publish or Perish. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian tentang microlearning pada tahun 2020–2022 yang merupakan yang tertinggi dalam database google schoolar terjadi pada tahun 2020 yang mencapai 114 publikasi. Sementara itu, publikasi yang memiliki jumlah kutipan tertinggi adalah (Susmiati, 2020) yang dikutip 103 kali. Peta perkembangan publikasi ilmiah berdasarkan kata kunci discovery Learning yang dianalisis menggunakan aplikasi VOSViewer menunjukkan bahwa peta penelitian dibagi menjadi 4 cluster.


Keywords: Discovery Learning,Learning,VOSViewer.

References

Hulu, Y., & Telaumbanua, Y. N. (2022). Analisis Minat Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 283-290.

Löwe, S., Madras, D., Zemel, R., & Welling, M. (2022, June). Amortized causal discovery: Learning to infer causal graphs from time-series data. In Conference on Causal Learning and Reasoning (pp. 509-525). PMLR.

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717-1724.

Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 SD. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13-27.

Putri, A., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Development of learning tools with the discovery learning model to improve the critical thinking ability of mathematics. Journal of Educational Sciences, 4(1), 83-92.

Susmiati, E. (2020). Meningkatkan motivasi belajar bahasa indonesia melalui penerapan model discovery learning dan media video dalam kondisi pandemi covid-19 bagi siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Paedagogy, 7(3), 210-215.

Tanjung, D. F., Syahputra, E., & Irvan, I. (2020). Problem Based Learning, Discovery Learning, and Open Ended Models: An experiment On Mathematical Problem Solving Ability. JTAM| Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 4 (1), 9.

Winoto, Y. C., & Prasetyo, T. (2020). Efektivitas Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 228-238.

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Laila, A. (2023). SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : PENELITIAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN VOSVIEWER DI DATABASE GOOGLE SCHOLAR TAHUN 2020-2022. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(1), 31–36. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p31-36
Abstract views: 283 , PDF Downloads: 299