PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SD

Authors

  • Melisya Putri Melisya Universitas PGRI Palembang
  • Murjainah Murjainah Universitas PGRI Palembang
  • Mega Praseihammi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p1-8

Keywords:

Kartu Kata Bergambar, Pembelajaran SD, Keterampilan Menyimak Permulaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Bahasa Indonesia materi membaca permulaan untuk kelas I SD yang valid, praktis, dan efektif. Metode ini menggunakan metode Reserch & Development (R&D) dengan mengacu pada model 4D yaitu pendefinisian (Define), desain (Design), pengembangan (Development), dan penyebaran (Dessiminate). Pengumpulan data yang digunakan berupa angket, lembar validasi, angket siswa, dan tes. Berdasarkan hasil penilaian data dengan menggunakan validasi ahli media diperoleh persentase 81,6% dengan kriteria sangat valid, validasi ahli bahasa diperoleh nilai persentase 85% dengan kriteria sangat valid dan untuk validasi ahli materi diperoleh nilai persentase 96% dengan kriteria sangat valid kemudian hasil analisis angket respon siswa dari hasil one to one diperoleh nilai rata-rata 91,1% dengan kriteria sangat praktis, pada hasil small group diperoleh 71% dengan kriteria sangat praktis, selanjutnya melalui field test dari hasil pretest diperoleh persentase 6,5% dan posttest 9% dengan kategori efektif. Jadi pada hasil field test uji pretest dan posttest mendapatkan peningkatan sebesar 2,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media kartu kata bergambar pembelajaran Bahasa Indonesia materi membaca permulaan dapat dikatakan valid, praktis, dan efektif.

References

Andayani, M. P. (2015). Problema dan Aksioma: Dalam Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Books.Google.Com. Https://Books.Google.Com/Books?Hl=En&Lr=&Id=_Frecqaaqbaj&Oi=Fnd&Pg=Pt10&Dq=Andayani+Kemampuan+Membaca+Tingkat+Permulaan&Ots=47x8q2motr&Sig=Uzjb7id1olgowrsfzxhexygdvds

Aprida Pane, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Aprida Pane, Muhammad Darwis Dasopang , 337.

Herdiati, N. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Materi Alat Indera di SD. Novia Herdiati , 67.

Muammar. (2020). Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Sanabil.

Mulyati, Y. (2011). Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan. In Modul. Universitas Pendidikan Indonesia. Academia.Edu. Https://Www.Academia.Edu/Download/34056050/Modul_Mmp.Pdf

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan. Https://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Jep/Article/View/706

Nurseto, T. Tejo. (2011). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Staff.Uny.Ac.Id. Http://Staff.Uny.Ac.Id/Sites/Default/Files/Penelitian/Tejo-Nurseto-Mpd/Artikel-Membuat-Media-Pembelajaran-Yang-Menarik.Pdf

Rahmalya, K. 2019. Penerapan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak di Taman Kanak-Kanak Al-Kautsar Bandar Lampung. Uin Raden Intan Lampung.

Rohani. (2019). Media Pembelajaran. Rohani , 5.

Sugiyono. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pembelajaran Aktif Dengan Media Kartu Kata (Penelitian pada Siswa Kelas 1 SDN Tempurejo 1 Kabupaten Magelang) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Pt Remaja Rosdakarya.

Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Kencana.

Tarigan, H. G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

Wahyuni, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop Up Book untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Indonesia Kelas IV di SD/MI. Rizka Wahyuni , 6.

Downloads

Published

2023-07-08

How to Cite

Melisya, M. P., Murjainah, M., & Praseihammi, M. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS I SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p1-8
Abstract views: 1238 , PDF Downloads: 722