KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING DAN GUIDED INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Endrik Mas Yulaidi SD Laboratorium UM Blitar
  • Rizki Septa Hardhita SD Laboratorium UM Blitar

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p61-66

Keywords:

inquiry learning, guided inquiry learning, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan penggunaan model pembelajaran inquiry learning dan guided inqiry learning terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni meta-analisis. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model pembelajaran inquiry learning dan guided inquiry learning ditinjau dari aspek hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji ancova one way yang menunjukka nilai signifikan 0.96 > 0.05. Selain itu berdasarkan hasil uji effect size diperoleh bahwa model pembelajaran inquiry learning dan guided inquiry learning memberikan pengaruh sedang terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar

References

Arningsih, W. D., Suardana, I N., & Selamet, K. (2019). Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Asissted Individualization dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Team Achievement Divisions Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Peserta didik Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia. 1(1): 41-51.

Gulo, W. (2002). Metode Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo.

Hapsari, L. Z. R.., & Kristin, Firosalia. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta didik SD. Jurnal Inovasi Penelitian (JIP), 2(2).

Sundari, F. S., & Indrayani, Elis. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGudesa), 2(2).

Jauhar, M. (2011). Implementasi Paikem Behavioristik sampai Konstruktivistik Sebuah Pengembangan Pembelajaran Berbasis CTL (Contekstual Teaching dan Learning). Jakarta : Prestasi Pustaka.

Kitchenham, B. (2004). Procedures for Performing Systematic Reviews. Eversleigh: Keele University.

Parmiti, D. P., & Arnawa, I. K. T. (2017). Penerapan Metode Inkuiri Berbantuan Media Benda Konkret dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Action Research, 1(2), 2549-3272.

Suarni, Evi. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas III Dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing di SDN 05 Kota Mukomoko. Indonesian J. Integr. Sci. Education (IJIS Edu), 1(1).

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Yulaidi, E. M. ., & Hardhita, R. S. (2023). KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING DAN GUIDED INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(1), 61–66. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p61-66
Abstract views: 170 , PDF Downloads: 216