PENERAPAN PENDEKATAN LEARNING BY DOING DALAM MENINGKATKAN RASA KEPERCAYAAN DIRI SISWA SDN 3 TANGKILING
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p23-30Keywords:
penerapan pendekatan learning by doing, kepercayaan diri, siswaAbstract
ABTRACT
This study aims to determine: (1) How to apply the learning by doing approach in increasing students' self-confidence. (2) The level of student confidence when the learning by doing approach is applied. The method in this research is using mixed methods with a sample of 8 fifth grade students at SDN 3 Tangkiling who are Muslim. Monogenean data collection techniques are observations, questionnaires and interviews with data analysis using the product moment correlation formula. The results of the study show that: (1) The average application of the learning by doing approach in increasing students' self-confidence is 4.15 which is included in the high category so that the learning by doing approach is applied well. (2) The level of student confidence when the learning by doing approach is applied is 97.6% which is categorized as high.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana penerapan pendekatan learning by doing dalam meningkatkan rasa kepercayaan diri siswa. (2) Tingkat kepercayaan diri siswa ketika diterapkannya pendekatan learning by doing. Adapun metode dalam penelitian ini ialah menggunakan mixed methods dengan sampel sebanyak 8 orang siswa kelas V SDN 3 Tangkiling yang beragama Islam. Teknik pengumpu lan data monogenean observasi, angket dan wawancara dengan analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) Rata-rata penerapan pendekatan learning by doing dalam meningkatkan rasa kepercayaan diri siswa ialah 4.15 termasuk dalam kategori tinggi sehingga pendekatan learning by doing diterapkan dengan baik. (2) Tingkat kepercayaan diri siswa ketika diterapkannya pendekatan learning by doing ialah sebesar 97,6% yang dikategorikan tinggi.
References
Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156–170. https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.7520
Andayani, B., & Afiatin, T. (2016). Konsep Diri. Harga Diri, dan Kepercayaan Diri Remaja. Jurnal Psikologi, 23(2), 23–30. https://doi.org/10.22146/jpsi.10046
Aristiani, R. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.717
Aysah, N. (2019). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Pendekatan Learning by Doing Untuk Memotivasi Belajar Siswa. Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 1(2), 60–64.
Dewi, D. M., & Supriyo, S. (2013). Kepercayaan Diri Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua pada Siswa Kelas VII (Studi Kasus). E-Jurnal. https://www.e-jurnal.com/2014/05/kepercayaan-diri-ditinjau-dari-pola.html
Fatimah, & Enung. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Pustaka Setia.
Firdaus, A. A., Nashiroh, P. K., & Djuniadi, D. (2020). Hubungan Nilai Matematika Dengan Prestasi Belajar Pemrograman Berorientasi Objek Pada Siswa Kelas XII Jurusan RPL SMK Ibu Kartini Semarang. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika : Janapati, 9(1), 32–44. https://doi.org/10.23887/janapati.v9i1.22680
Ghufron, & Risnawati. (2012). Tes Kepribadian. Penerjemah: Gulo. Bumi Aksara.
Hamdanah, H., & Surawan, S. (2022). REMAJA DAN DINAMIKA; Tinjauan Psikologi dan Pendidikan. K-Media.
Hendrawijaya, H. A., & Tri Indrianti, D. (2016). Hubungan Antara Pendekatan Learning by Doing Dengan Kreativitas Mendesain Busana Peserta Pelatihan Menjahit di Lembaga Pendidikan Tata Busana Floren Jember. http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/76143
Herniati, R., Sulistri, E., & Rosdianto, H. (2017). Penerapan Model Predict Observe Explain dengan Pendekatan Learning by Doing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Fisika Flux, 14(2), 120. https://doi.org/10.20527/flux.v14i2.4269
Kamil, M. (2012). Model Pendidikan Dan Pelatihan. Penerbit Alfabeta.
Mamlu’ah, A. (2019). Konsep Percaya Diri dalam Al-Qur’an Surat Ali Imran Ayat 139. Al-Aufa.VIII. 222. https://doi.org/10.36830/
Mardiati, D., Mering, A., & Miranda, D. (2016). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Motivasi Belajar pada Anak Kelompok B di TK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 5(06), Article 06. https://doi.org/10.26418/jppk.v5i06.15671
Masyhud, M. S. (2014). Analisis Data Statistik Untuk Pendidikan. Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan.
Muslimah, B. (2019). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Percaya Diri dalam Belajar Peserta Didik SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2019/ 2020. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.
Mustolifah, & Buchory. (2019). Peningkatan Rasa Percaya Diri, Minat, dan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Sosiodrama. Jurnal Sosialita, 11(1).
Perdana, F. J. (2019). Pentingnya Kepercayaan Diri dan Motivasi Sosial dalam Keaktifan Mengikuti Proses Kegiatan Belajar. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.24235/edueksos.v8i2.5342
Pratama, S. A., & Permatasari, R. I. (2021). Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur dan Kompetensi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Ekspor PT. Dua Kuda Indonesia. Jurnal Ilmiah M-Progress, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.35968/m-pu.v11i1.600
Priadi, A., Sudarso, A. P., & Qorni, T. W. A. (2021). Hubungan Pelatihan dan Komunikasi Terhadap Kinerja Guru Di Smk Mulia Buana Bogor Jawa Barat. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(3), 219–232.
Rahim, R., Rahmat Gumelar, G., Chabibah Mesra Wati’ Ritonga, N., Febiani Musyadad, V., Komalasari Sukarman Purba, D., Ili, L., Roselyna Sitompul, L., & Haris, A. (2021). Pendekatan Pembelajaran Guru. Yayasan Kita Menulis.
Rahman, A., & Mirati, L. (2019). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Aceh Barat. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3, 323. https://doi.org/10.30738/tc.v3i2.4733
S, M. T., Muslimah, M., Riadi, A., & Mukmin, M. (2021). Implikasi pedagogis al-Qur’an surah Al-Ahzab ayat 45-48 mengenai tugas dan fungsi guru sebagai pendidik. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 13. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i1.4188
Samsu. (2017). Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development. Pusaka.
Saputra, Y. B. (2019). Pengaruh Tanggung Jawab Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa Kelas IV SD Se Gugus I Kecamatan Panjatan Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Edisi 5(Tahun ke-8), 431–438.
Surahman, Y. T., & Fauziati, E. (2021). Maksimalisasi Kualitas Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Learning By Doing Pragmatisme By John Dewey. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 137–144. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1209
Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2). https://doi.org/10.29210/3003205000
Tarigan, M. A. (2018). Meningkatkan Kepercayaan Diri Dengan Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2, 646–648.
Wibowo, R. A., & Kurniawan, M. A. A. (2020). Analisis Korelasi dalam Penentuan Arah Antar Faktor Pada Pelayanan Angkutan Umum di Kota Magelang. Theta Omega: Journal of Electrical Engineering, Computer and Information Technology, 1(2). https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/thetaomega/article/view/3552
Zakiyah, L. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Pada Pembelajaran Seni Tari di SMP Negeri 8 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/34841/1/SKRIPSI.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Author(s) who wish to publish with Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals' published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.