ANALISIS EFEKTIFITAS PELAKSANAAN PEMBELAJAAN MATEMATIKA DARI RUMAH SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 7 BENGKULU TENGAH

Authors

  • Dhea Putri Awdiani universitas bengkulu
  • Panut Setiono Universitas Bengkulu
  • Nani Yuliantini Universitas Bengkulu
  • Wurjinem Wurjinem Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n2.p94-97

Abstract

The purpose of this study was to determine the effectiveness of the implementation of the mathematics learning process from home during the Covid-19 pandemic in class V at SDN 7 Bengkulu Tengah. This study uses descriptive quantitative research methods. The data collection technique used is a questionnaire given to students. The subjects of this study were fifth grade students of SDN 7 Bengkulu Tengah. Based on the results of research conducted by filling out questionnaires, the results of general research on learning mathematics from home (BDR) in fifth grade students at SDN 7 Bengkulu Tengah were quite effective. Here the teacher is able to design learning activities from planning to evaluation in a simpler, more creative way and students are able to understand learning more easily.

Keywords: covid-19 pandemic, access to learning, courageous learning.


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pelaksanaan proses belajar matematika dari rumah selama pandemi Covid-19 di kelas V SDN 7 Bengkulu Tengah.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah berupa kuisioner yang diberikan kepada siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 7 Bengkulu Tengah. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan pengisian kuisioner, hasil penelitian secara umum pelaksanaan pembelajaran matematika dari rumah (BDR) pada siswa kelas V SDN 7 Bengkulu Tengah berjalan cukup efektif. Di sini guru dituntut mampu merancang kegiatan pembelajaran dari perencanaan hingga evaluasi dengan cara yang lebih sederhana, lebih kreatif dan efektif agar siswa mampu memahami pembelajaran dengan lebih mudah

Kata Kunci: pandemi covid-19, akses belajar, pembelajaran daring

References

Abidin, Zainal dkk (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. RDJE. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/7659/3379. (19 April 2021).

Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 1222. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748.

Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. IJES: Indonesian Journal Of Education Science. Vol 2 No 2 (2020). https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes /article/view/659 DOI: https: //doi.org/ 10.31605/ijes.v2i2.659

Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh Penggunaan E-Learning Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SDN Tahunan Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 66 diakses pada 20 April 2021.

Kemendikbud. (2021). Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. www.kemdikbud.go.id. diakses pada 19 April 2021.

Munir. (2012). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Journal.uinalauddin.ac.id/index.php/alasma/article/view/13646 diakses pada 20 April 2021.

Syaiful, B. D. (2013). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Wardhana, Y. (2010). Teori belajar dan mengajar. Bandung: Pribumi Mekar.

Downloads

Published

2021-07-14

How to Cite

Awdiani, D. P., Setiono, P., Yuliantini, N., & Wurjinem, W. (2021). ANALISIS EFEKTIFITAS PELAKSANAAN PEMBELAJAAN MATEMATIKA DARI RUMAH SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 7 BENGKULU TENGAH. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 7(2), 94–97. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n2.p94-97
Abstract views: 355 , PDF Downloads: 148 , PDF Downloads: 0