PEMILIHAN KATA DALAM RUBRIK URLAUBS-/FREIZEITBEKANNTSCHAFTEN SURAT KABAR ONLINE SÜDDEUTSCHE ZEITUNG
DOI:
https://doi.org/10.26740/paramasastra.v9n2.p112-131Abstrak
Salah satu kemampuan makhluk hidup adalah berinteraksi antar sesamanya. Media yang digunakan adalah bahasa. Dengan menggunakan bahasa, seseorang dapat mengenal orang lain melalui program digital. Süddeutsche Zeitung, sebuah surat kabat online di Jerman, menyediakan ruang perkenalan yaitu Heirats- & Bekanntschaftsanzeigen (Iklan pernikahan dan perkenalan) yang memiliki lima rubrik. Salah satu rubrik itu adalah Urlaubs/Freizeitbekanntschaften. Penelitian deskriptif kualitatif ini berupaya menganalisis nomina dan ajektiva yang dipilih oleh penulis iklan di rubrik Urlaubs-/ Freizeitbekanntschaften (Perkenalan untuk mencari kenalan yang mau menemani di waktu liburan atau waktu senggang). Rubrik semacam ini menarik, karena belum ada di Indonesia. Dengan metode penelitian bahasa, 15 data dari Süddeutsche Zeitung online tanggal 6 Agustus 2022, 13 Agustus 2022 dan 20 Agustus 2022 dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan 50% nomina pekerjaan/status digunakan penulis iklan untuk mengenalkan diri dan lebih dari 75% penulis iklan menggunakan ajektiva yang disandangkan pada nomina yang berada di posisi sebagai objek kalimat untuk mendapatkan kenalan yang diinginkan.
Key Words: Pemilihan kata, Urlaubs-/Freizeitbekanntschaften, surat kabar
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

