Dinamika Bahasa Visual dan Digital pada Generasi Alpha dalam Komunikasi Sehari-hari di Media Sosial

Penulis

  • Daroe Iswatiningsih Universitas Muhammadiyah Malang
  • Inka Krisma Melati Universitas Muhammadiyah Malang
  • Mohammad Khikam Zahidi Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.26740/paramasastra.v11n2.p322-331

Kata Kunci:

Bahasa digital, Bahasa Visual, Generasi Alpha, Makna Bahasa, Media sosial

Abstrak

Bahasa merepresentasikan penuturnya. Demikian halnya penggunaan bahasa pada Generasi Alpha dalam berkomunikasi sehari-hari di media sosial. Penelitian ini bertujuan mengdeskripsikan bentuk-bentuk bahasa visual dan digital pada generasi Alpha dan makna bahasa visual dan digital pada generasi Alpha. Jenis penelitian ini kualitatif, dengan pendekatan sosiolinguistik. Data berupa satuan kebahasaan yang diproduksi oleh generasi Alpha di media sosial berupa bahasa visual dan digital. Sumber data diperoleh dari media sosial Platform WhatsAp, Twitter, Instagram, dan TikTok. Data dikumpulkan dengan dokumentasi dan tangkap layar dari empat aplikasi di media sosial tersebut. Analisis data dengan menggunakan analisis deskripsi berdasarkan temuan data, identifikasi, kategori berdasarkan bentuk data dan makna dan selanjutnya menginterpretasi dan menyajikan data. Berdasarkan hasil penelitian, (1) bentuk bahasa visual pada Generasi Alpha dinyatakan dengan penggunaan emoji, GIF meme, dan stiker; sedangkan penggunaan bahasa digital oleh Generasi Alpha dinyatakan dalam bentuk singkatan, kata atau frase, akronim, pemendekan, kata dibalik, dan tulisan ekspresi. (2) makna bahasa visual dan digital pada Generasi Alpha sebagai (a) ekspresi emosi, (b) efisiensi komunikasi, (c) identitas sosial dan budaya; (d) interaksi sosial nonverbal, dan (e) kreativitas berkomunikasi. Kontribusi penelitian ini diharapkan dapat memperkaya komunikasi kreatif dan efisien, khususnya dalam berkomunikasi di media sosial yang sesuai dengan konteks penggunaannya.

Referensi

http://ejournal.stkippgri-sidoarjo.ac.id/index.php/psd/article/view/449/350

Arafah, B., & Hasyim, M. (2019). The Language of Emoji in Social Media. KnE Social Sciences, August. https://doi.org/10.18502/kss.v3i19.4880

Bagaskara, R. S., & Putri, F. N. F. (2023). Efek Penggunaan Emoji Terhadap Kesan Hangat dan Kompeten di Konteks Proyek Virtual Mahasiswa. Wacana, 15(2), 134. https://doi.org/10.20961/wacana.v15i2.72892

https://generationalpha.com/wp-content/upload/2020/02/understanding-Generation-Alpha-McCrindle.pdf

Chaer, A. (2007). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

https://pusdikrapublishing.com/index.php/jesa/article/view/680%0Ahttps://pusdikra-publishing.com/index.php/jesa/article/download/680/590

Fadlurrohim, I., Husein, A., Yulia, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2020). Memahami Perkembangan Anak Generasi Alfa Di Era Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 178. https://doi.org/10.24198/focus.v2i2.26235

https://doi.org/10.35870/jimik.v4i2.259

Hudaa, S., & Bahtiar, A. (2020). Variasi Bahasa Kaum Milenial: Bentuk Akronim dan Palindrom dalam Media Sosial. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 3(1), 41. https://doi.org/10.29240/estetik.v3i1.1470

Fishman, J. A. (1972). The Sociology of Language. Rowley: Newbury House.

Halliday, M. A. K. (1978). Language as Social Semiotic: The Social Interpretation of Language and Meaning. London: Edward Arnold.

Mahesti, A., & Jaya, A. (2024). Dinamika Penggunaan Bahasa Indonesia dan Bahasa Gaul di Kalangan Generasi Muda. Parataksis: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 7(2).

https://doi.org/10.31851/parataksis.v7i2.16522

https://doi.org/10.24114/kjb.v11i1.33492

McCrindle, M. (2021). Understanding Generation Alpha. McCrindle Research.

https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/lite/article/view/8787%0Ahttps://publikasi.dinus.ac.id/index.php/lite/article/download/8787/4324

https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i3.707

Swandhina, M., & Maulana, R. A. (2022). Generasi alpha : Saatnya anak usia dini melek digital refleksi proses pembelajaran dimasa pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi Sebelas April (JESA), 6(1), 150. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jesa

Wulandari, R., Fawaid, F. N., Hieu, H. N., & Iswatiningsih, D. (2021). Penggunaan Bahasa Gaul pada Remaja Milenial di Media Sosial. Literasi : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 5(1), 64.

https://doi.org/10.25157/literasi.v5i1.4969

Diterbitkan

2024-09-30

Cara Mengutip

Iswatiningsih, D., Inka Krisma Melati, & Mohammad Khikam Zahidi. (2024). Dinamika Bahasa Visual dan Digital pada Generasi Alpha dalam Komunikasi Sehari-hari di Media Sosial. Paramasastra : Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 11(2), 322–338. https://doi.org/10.26740/paramasastra.v11n2.p322-331
Abstract views: 320 , PDF Downloads: 307