Dinamika Bahasa Visual dan Digital pada Generasi Alpha dalam Komunikasi Sehari-hari di Media Sosial
DOI:
https://doi.org/10.26740/paramasastra.v11n2.p322-331Kata Kunci:
Bahasa digital, Bahasa Visual, Generasi Alpha, Makna Bahasa, Media sosialAbstrak
Bahasa merepresentasikan penuturnya. Demikian halnya penggunaan bahasa pada Generasi Alpha dalam berkomunikasi sehari-hari di media sosial. Penelitian ini bertujuan mengdeskripsikan bentuk-bentuk bahasa visual dan digital pada generasi Alpha dan makna bahasa visual dan digital pada generasi Alpha. Jenis penelitian ini kualitatif, dengan pendekatan sosiolinguistik. Data berupa satuan kebahasaan yang diproduksi oleh generasi Alpha di media sosial berupa bahasa visual dan digital. Sumber data diperoleh dari media sosial Platform WhatsAp, Twitter, Instagram, dan TikTok. Data dikumpulkan dengan dokumentasi dan tangkap layar dari empat aplikasi di media sosial tersebut. Analisis data dengan menggunakan analisis deskripsi berdasarkan temuan data, identifikasi, kategori berdasarkan bentuk data dan makna dan selanjutnya menginterpretasi dan menyajikan data. Berdasarkan hasil penelitian, (1) bentuk bahasa visual pada Generasi Alpha dinyatakan dengan penggunaan emoji, GIF meme, dan stiker; sedangkan penggunaan bahasa digital oleh Generasi Alpha dinyatakan dalam bentuk singkatan, kata atau frase, akronim, pemendekan, kata dibalik, dan tulisan ekspresi. (2) makna bahasa visual dan digital pada Generasi Alpha sebagai (a) ekspresi emosi, (b) efisiensi komunikasi, (c) identitas sosial dan budaya; (d) interaksi sosial nonverbal, dan (e) kreativitas berkomunikasi. Kontribusi penelitian ini diharapkan dapat memperkaya komunikasi kreatif dan efisien, khususnya dalam berkomunikasi di media sosial yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
Referensi
http://ejournal.stkippgri-sidoarjo.ac.id/index.php/psd/article/view/449/350
Arafah, B., & Hasyim, M. (2019). The Language of Emoji in Social Media. KnE Social Sciences, August. https://doi.org/10.18502/kss.v3i19.4880
Bagaskara, R. S., & Putri, F. N. F. (2023). Efek Penggunaan Emoji Terhadap Kesan Hangat dan Kompeten di Konteks Proyek Virtual Mahasiswa. Wacana, 15(2), 134. https://doi.org/10.20961/wacana.v15i2.72892
https://generationalpha.com/wp-content/upload/2020/02/understanding-Generation-Alpha-McCrindle.pdf
Chaer, A. (2007). Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Fadlurrohim, I., Husein, A., Yulia, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2020). Memahami Perkembangan Anak Generasi Alfa Di Era Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 178. https://doi.org/10.24198/focus.v2i2.26235
https://doi.org/10.35870/jimik.v4i2.259
Hudaa, S., & Bahtiar, A. (2020). Variasi Bahasa Kaum Milenial: Bentuk Akronim dan Palindrom dalam Media Sosial. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 3(1), 41. https://doi.org/10.29240/estetik.v3i1.1470
Fishman, J. A. (1972). The Sociology of Language. Rowley: Newbury House.
Halliday, M. A. K. (1978). Language as Social Semiotic: The Social Interpretation of Language and Meaning. London: Edward Arnold.
Mahesti, A., & Jaya, A. (2024). Dinamika Penggunaan Bahasa Indonesia dan Bahasa Gaul di Kalangan Generasi Muda. Parataksis: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 7(2).
https://doi.org/10.31851/parataksis.v7i2.16522
https://doi.org/10.24114/kjb.v11i1.33492
McCrindle, M. (2021). Understanding Generation Alpha. McCrindle Research.
https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i3.707
Swandhina, M., & Maulana, R. A. (2022). Generasi alpha : Saatnya anak usia dini melek digital refleksi proses pembelajaran dimasa pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi Sebelas April (JESA), 6(1), 150. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jesa
Wulandari, R., Fawaid, F. N., Hieu, H. N., & Iswatiningsih, D. (2021). Penggunaan Bahasa Gaul pada Remaja Milenial di Media Sosial. Literasi : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 5(1), 64.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

