Hubungan Literasi Media dengan Persepsi Gender Siswa Sekolah Dasar

Penulis

  • Amalia Nur Ramadhani Universitas Jenderal Soedirman, Banyumas
  • Nanang Martono Universitas Jenderal Soedirman, Banyumas
  • Elis Puspitasari Universitas Jenderal Soedirman, Banyumas
  • Laila Sabrina Universitas Jenderal Soedirman, Banyumas

DOI:

https://doi.org/10.26740/jsm.v7n1.p133-153

Kata Kunci:

media literacy, gender role perception, students, elementary school

Abstrak

Artikel ini menjelaskan hubungan literasi media dengan persepsi gender siswa SD. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei di dua SD di Purbalingga, Jawa Tengah yang lokasinya jauh dari pusat kota (pinggiran). Populasi penelitian ini berjumlah 80 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh 100% dari jumlah populasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi tau kendall kedua variabel sebesar 0,23 dengan nilai signifikansi sebesar 0,03. Nilai tersebut menunjukkan terdapat hubungan positif antara literasi media dengan persepsi gender responden. Jadi, semakin tinggi literasi media responden maka, semakin bagus persepsi gender responden. Literasi media responden terbentuk melalui konten dan informasi yang diterima ketika menggunakan handphone, TV, komputer/ laptop, radio, dan koran atau majalah. Responden lebih sering menggunakan handphone karena mudah dan cepat dalam mengakses informasi. Konten dan informasi mengenai peran laki-laki dan perempuan yang diterima responden membentuk persepsi gender responden.

Referensi

Martono, Nanang. 2010. Statistik Sosial Teori dan Aplikasi Program SPSS. Gava Medika.

Santoso, Imam, dan Harries Madiistriyatno. 2021. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Indigo Media.

Diterbitkan

2023-05-24

Cara Mengutip

Ramadhani, A. N., Martono, N., Puspitasari, E., & Sabrina, L. (2023). Hubungan Literasi Media dengan Persepsi Gender Siswa Sekolah Dasar. The Journal of Society and Media, 7(1), 133–153. https://doi.org/10.26740/jsm.v7n1.p133-153
Abstract views: 503 , PDF Downloads: 456