Hubungan Literasi Media dengan Persepsi Gender Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.26740/jsm.v7n1.p133-153Kata Kunci:
media literacy, gender role perception, students, elementary schoolAbstrak
Artikel ini menjelaskan hubungan literasi media dengan persepsi gender siswa SD. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei di dua SD di Purbalingga, Jawa Tengah yang lokasinya jauh dari pusat kota (pinggiran). Populasi penelitian ini berjumlah 80 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh 100% dari jumlah populasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi tau kendall kedua variabel sebesar 0,23 dengan nilai signifikansi sebesar 0,03. Nilai tersebut menunjukkan terdapat hubungan positif antara literasi media dengan persepsi gender responden. Jadi, semakin tinggi literasi media responden maka, semakin bagus persepsi gender responden. Literasi media responden terbentuk melalui konten dan informasi yang diterima ketika menggunakan handphone, TV, komputer/ laptop, radio, dan koran atau majalah. Responden lebih sering menggunakan handphone karena mudah dan cepat dalam mengakses informasi. Konten dan informasi mengenai peran laki-laki dan perempuan yang diterima responden membentuk persepsi gender responden.
Referensi
Martono, Nanang. 2010. Statistik Sosial Teori dan Aplikasi Program SPSS. Gava Medika.
Santoso, Imam, dan Harries Madiistriyatno. 2021. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Indigo Media.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 The Journal of Society and Media

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

