PENYUSUNAN INSTRUMEN TES KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMPN 14 KOTA BENGKULU

Authors

  • ripi yanti IAIN BENGKULU

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v9n1.p1763-1765

Keywords:

Kata kunci, Instrument Tes, Keterampilan Proses Sains, Pelajaran IPA

Abstract

Abstrak

Keterampilan proses sains (KPS) adalah keterampilan yang digunakan para ilmuwan dalam membentuk pengetahuan dalam memecahkan masalah dan merumuskan hasil. Kemampuan pemecahan masalah dan penelitian merupakan kecakapan hidup (Life skills) dan oleh karena itu merupakan hasil belajar yang paling tinggi yang harus dipelajari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains pada  siswa SMPN 14 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan instumen kuesioner yang berupa angket berstruktur. Angket berstruktur (tertutup) ialah jenis angket yang setelah rumusan pertanyaannya disediakan pula alternatif jawaban yang dapat dipilih oleh responden. kemudian data tersebut dianalisis secara deskriptif kuantitatif yaitu mendeskripsikan skor dalam setiap aspek yang diamati. Hasil penelitian menunjukan bahwa  nilai terendah yaitu sebesar 30  (termasuk kriteria rendah), nilai sedang 55 (termasuk kategori sedang) dan nilai tertinggi adalah 95 (termasuk kriteria tinggi). Berdasarkan data dari 16 responden. Hal ini menandakan bahwa sebagian siswa diantaranya belum memiliki keterampilan proses sains dan sebagian sudah memiliki keterampilan proses sains.

Kata kunci: Instrument Tes, Keterampilan Proses Sains, Pelajaran IPA

Abstract

Science process skills (KPS) are skills that are used by scientists in shaping knowledge in solving problems and formulating results. Problem solving and research skills are Life skills and therefore are the highest learning outcomes students must learn. This study aims to determine the science process skills in students of SMPN 14 Bengkulu City. This research uses quantitative descriptive methods. Data collection techniques were obtained using a questionnaire instrument in the form of a structured questionnaire. Structured questionnaire (closed) is a type of questionnaire after the question formulation is also provided alternative answers that can be chosen by respondents. then the data is analyzed in a quantitative descriptive manner which is to describe the score in every aspect observed. The results showed that the lowest value was 30 (including low criteria), moderate value was 55 (including moderate category) and the highest value was 95 (including high criteria). Based on data from 16 respondents. This indicates that some of the students do not yet have science process skills and some already have science process skills.

Keyword: Test Instruments, Science Process Skills, Natural Sciences         

Downloads

Download data is not yet available.

References

<p>Bundu, P. (2006). Penilaian keterampilan proses dan sikap ilmiah dalam pembelajaran sains SD. <em>Jakarta: Depdiknas</em>.</p><p>Ergül, R., ŞımÅŸeklı, Y., ÇaliÅŸ, S., Özdılek, Z., Göçmençelebı, Åž., &amp; Åžanli, M. (2011). The Effects Of Inquiry-Based Science Teaching On Elementary School Students'science Process Skills And Science Attitudes. <em>Bulgarian Journal of Science &amp; Education Policy</em>, <em>5</em>(1).</p><p>Ristiyani, E., &amp; Bahriah, E. S. (2016). Analisis kesulitan belajar kimia siswa di SMAN X Kota Tangerang Selatan. <em>Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA</em>, <em>2</em>(1), 18-29.</p><p>Suryani, A., Siahaan, P., &amp; Samsudin, A. (2015). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur keterampilan proses sains siswa SMP pada materi gerak. <em>Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains</em>, <em>2015</em>, 217-220.</p><p>Wardoyo, S. M. (2013). Pembelajaran Konstruktivisme. <em>Bandung: Alfabeta</em>.</p><p>Wardhani, D. F., &amp; Putra, A. P. (2016). Pengembangan Instrumen Tes Standar Kognitif pada Mata Pelajaran IPA Kelas 7 SMP Di Kabupaten Banjar. In <em>Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning</em> (Vol. 13, No. 1, pp. 75-82).</p>

Downloads

Published

2020-01-17

How to Cite

yanti, ripi. (2020). PENYUSUNAN INSTRUMEN TES KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMPN 14 KOTA BENGKULU. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 9(1), 1763–1765. https://doi.org/10.26740/jpps.v9n1.p1763-1765

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1127 , PDF Downloads: 651