MODEL APPOSITE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA KINEMATIKA PADA MAHASISWA

Authors

  • sri handono budi prastowo Department of Physic Education, Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v9n1.p1745-1749

Keywords:

Model Apposite, Penguasaan konsep, Kinematika.

Abstract

Model Apposite  merupakan suatu pengembangan model pembelajaran baru yang menunjukan interaksi antara guru dan siswa berdasarkan pada kemampuan skemata serta respon dari siswa. Model ini menekankan interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual yang diharapkan mampu mengontrol proses kognitif siswa secara berkesinambungan.Penguasaan konsep Fisika merupakan kemampuan mahasiswa dalam menguasai konsep serta aplikasinya dalammenyelesaikan permasalahan.Kinematika merupakan materi Fisika yang membahas tentanggerk suatu benda tanpa memperhitungkan penyebab benda tersebut bergerak. Terdapat 7 tahapan dalam menggunakan model Apposite pada pembelajaran Fisika melalui pendekatan kontekstual ; Invitasi, Eksplorasi, Elaborasi, Penjelasan dan solusi, Pengambilan tindakan dan evaluasi,serta refleksi.diri.Desainpenelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pre tes post tes one group desain dengan responden dalam aplikasi model ini adalah mahasiswa semester 1 Prodi Fsika FKIP universitas jember. Dari hasil penelitian yang dilakukan untuk mengetahui penguasaan konsep mahasiswa didapatkan bahwa terdapat peningkatan penguasaan konsep mahasiswa  pada materi Kinematika dengan kategori sangat baik dengan tingkat kefektifan dalam kategori cukup efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

<p>A.Hakim,Liliasari, ASetiawan,&amp; G,A,P. Saptowati (2017), <em>Interactive Multimedia Thermodynamics to Improve creative Thinking Skill of Physics Prospective Teachers</em>,Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, vol 13(1)</p><p> Alicia R.Allbaugh (2003), Desertasi,<em>The Problem-Context Dependence of StudentAplication of Newtons Second Law</em>, Kansas State University, Manhattan</p><p>Al-Choo Ong &amp; Gary D Borich, (2006), <em>Teaching Srategies that Promote Thinking Models and Curricullum Approaches,</em> Singapore, McGraw-Hill</p><p> </p><p>Aldridge,J.M.,Fraser,B.J.,Taylor,P.C.,dan Chen,C.C 2000,Constructivist Learning Environments in a cross-National Study in Taiwan and Australia, <em>International Journal of Science Education,</em>22(1),pp. 37-55</p><p>A.Hakim,Liliasari, ASetiawan,&amp; G,A,P. Saptowati (2017), <em>Interactive Multimedia Thermodynamics to Improve creative Thinking Skill of Physics Prospective Teachers</em>,Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, vol 13(1)</p><p> Alicia R.Allbaugh (2003), Desertasi,<em>The Problem-Context Dependence of StudentAplication of Newtons Second Law</em>, Kansas State University, Manhattan</p><p>Al-Choo Ong &amp; Gary D Borich, (2006), <em>Teaching Srategies that Promote Thinking Models and Curricullum Approaches,</em> Singapore, McGraw-Hill</p><p>Aldridge,J.M.,Fraser,B.J.,Taylor,P.C.,dan Chen,C.C 2000,Constructivist Learning Environments in a cross-National Study in Taiwan and Australia, <em>International Journal of Science Education,</em>22(1),pp. 37-55</p><p>Anita Woofolk,dkk (2008), <em>Psychology in education,</em> England Pearson Education Limited.</p><p>Arends, R.I. 2012 <em>Learning to Teach,9<sup>th</sup> Edition</em>, New York: McGraw-Hill Coimpanies,Inc</p><p>Forte, A. (2015). The new information literate open collaboration and information production in schools. <em>International Journal Computer-Supported Collaborative Learning</em>, <em>10 </em>(1), 35-51.</p><p>Miller, K., Lasry, N., Chu, K., &amp; Mazur., E. (2013). Role of physics lecture demonstrations in conceptual learning. <em>Physical Review Special Topics - Physics Education Research</em>, 9, 020113</p><p>Miller, K., Schell, J., Ho, A., Lukoff, B., &amp; Mazur, E. (2015). Response switching and self-efficacy in peer instruction classrooms. <em>Physical Review Special Topics - Physics Education Research</em>, 11, 010104</p><p>Moreno, R. (2010). <em>E</em><em>ducational psychology</em>. New York: Jhon Wiley &amp; Sonc, Inc.</p><p>Prastowo SHB, Jatmiko B,Supardi I ZA,(2017),<em>Apposite Model to Improve Mastery of Kinetic Motion Concept for Physics Education Student</em>,The International Journal of SocialScience and Humanities Invention DOI 10.16535/hjsski/4i8.01</p><p>Puspitasari lila,Inam A, &amp; Saifudin Moh,(2019) <em>Analysis of Students Creative Thinking in Solving Arithmetic Problem</em>,International Electronic Journal Of Mathematics Education,vol14,No1.</p>

Downloads

Published

2020-01-17

How to Cite

prastowo, sri handono budi. (2020). MODEL APPOSITE UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA KINEMATIKA PADA MAHASISWA. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 9(1), 1745–1749. https://doi.org/10.26740/jpps.v9n1.p1745-1749

Issue

Section

Articles
Abstract views: 451 , PDF Downloads: 488