PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN CTL MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI FLUIDA STATIS

Authors

  • Endah Mardewanti Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v6n1.p1246-1254

Keywords:

Group Investigation Model, Managed CTL), Critical Thinking Skill

Abstract

This study aims to accustome the ability of critical thinking skills of students who managed CTL approach using model Group Investigation. This study was conducted in two phases, the preparation phase which aims to develop learning package and the second phases of the trail of the device. Learning package  developed in the form of lesson plan (RPP), Students worksheet (LKS), text books (BAS),  and critical thingking skills test (TBK). Critical thinking skills are trained include formulating the problem, provide argument, analize and conclude. The device was developed with the development step of Borg and Gall, then proceed with the trial in the classroom by using pretest-posttest design. Data collected by expert judgement, observation, testing, and legibility BAS were collected using techniques close procedure. The collected data were then analized using descriptive analysis. Results of data analysis obtained as follows the quality of learning package developed by expert declared valid by validator. extremely high level of legibility and easy to understand, RPP achieve excellent, student activity that stand out is formulating a problem; student activity that stands out is formulating a problem; obstades that occur in the learning process is that students are not familiar investigations, thus requiring a briefing before hand. Critical thinking skills of students in the high category. Students' response to the lessons learned, so of data analysis can be concluded that the learning package by using CTL approach GI type cooperative model in the static fluid material can be used to train students' critical thinking skill

 

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang dapat digunakan melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa yang dikelola dengan pendekatan CTL menggunakan model Group Investigation. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap persiapan yang bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran dan tahap kedua tahap uji coba perangkat. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), Buku Ajar Siswa (BAS), dan tes Keterampilan Berpikir Kritis (KBK). Keterampilan berpikir kritis yang dilatihkan meliputi merumuskan masalah, memberikan argumen, menganalisis, dan menyimpulkan. Perangkat dikembangkan dengan langkah-langkah pengembangan dari Borg and Gall, kemudian dilanjutkan dengan uji coba di SMA Plus Sabilur Rosyad di kelas X-IPA1 dan X-IPA2 dengan menggunakan rancangan pretest-postest design. Data dikumpul berdasarkan penilaian validator, observasi, tes, dan  keterbacaan BAS yang dikumpul dengan menggunakan teknik close procedure. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis data secara deskriptif. Hasil analisis data diperoleh sebagai berikut: kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid oleh pakar/validator; tingkat keterbacaan BAS sangat tinggi dan mudah dipahami; RPP mencapai keterlaksanaan yang sangat baik; aktivitas siswa yang menonjol adalah merumuskan masalah; kendala yang terjadi dalam proses pembelajaran adalah siswa belum terbiasa melakukan penyelidikan, sehingga membutuhkan pengarahan terlebih dahulu. Keterampilan berpikir kritis siswa masuk dalam kategori tinggi. Respon siswa terhadap pembelajaran baik, sehingga dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dengan pendekatan CTL menggunakan model kooperatif Group Investigation pada materi fluida statis dapat digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-01-31

How to Cite

Mardewanti, E. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN CTL MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI FLUIDA STATIS. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(1), 1246–1254. https://doi.org/10.26740/jpps.v6n1.p1246-1254

Issue

Section

Articles
Abstract views: 240 , PDF Downloads: 366