DAMPAK PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI SUHU DAN KALOR

Authors

  • Triyuni Fitria Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Budi Jatmiko Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Z. A. Imam Supardi Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v6n1.p1159-1166

Keywords:

The Scientific Approach, Problem Solving Model, Student Learning Achicvement

Abstract

This research was aimed at develope science learning materials using scientific approach with problem solving model on temperature and heat to complete junior high school students achievement in 2013 curriculum setting that were valid, practical and effective so its are feasible to use in science learning on temperature and heat topic. This materials was developed using 4-D model that reduced into 3D (without dissemination) and tested in the seventh grade students A, B and C of SMP Negeri 5 Batang, academic year 2015/2016. The data collection technique used is the validation of the device, observation, testing, and questionnaires. Analized from knowledge students achievement got N-Gain average in high cathagory with average value of each class A, B, and C (0,80, 0,84, and 0, 86) the impact of learning on the three classes were tested by Anova (Analisis of varians), significance level of 0,05 Farithmetic ≤ F table meaning there is no difference in the impact of learning in three classes, a consistent value. Achievement in attitude, and skills competencies each was categorized good. The research concludes that the scientific approach to science learning with problem solving models are decent (validity, practicality, and effectiveness) are used in learning. Thus the mastery of teachers in managing learning is necessary so that the learning objectives be achieved with good and running smoothly.

 

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA pendekatan saintifik dengan model problem solving pada materi suhu dan kalor untuk menuntaskan hasil belajar Siswa SMP Mengacu Kurikulum 2013 yang layak (valid, praktis dan efektif). Pengembangan perangkat yang digunakan mengikuti model four-D yang direduksi menjadi 3D (tanpa dissemination) dan diujicobakan pada siswa kelas VII.A, B, dan C SMP Negeri 5 Batang Tahun Ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah validasi perangkat, observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan telah layak (valid, praktis, dan efektif). Hasil belajar kompetensi pengetahuan kategori N-Gain tinggi dengan nilai rata-rata tiap kelas A, B dan C (0,80, 0,84, dan 0,86), dampak pembelajaran pada tiga kelas diuji dengan Anova (analisis of varians)pada taraf signifikansi 0,05 menghasilkan F hitung ≤F tabel, artinya tidak ada perbedaan dampak pembelajaran pada tiga kelas, bernilai konsisten. Kompetensi sikap, dan keterampilan masing-masing berkategori baik, Respon siswa positif terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa perangkat pembelajaran IPA pendekatan saintifik dengan model problem solving adalah layak (kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan) digunakan dalam pembelajaran. Dengan demikian penguasaan guru dalam mengelola pembelajaran sangat diperlukan agar tujuan pembelajaran tercapai dengan baik dan berjalan lancar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-01-31

How to Cite

Fitria, T., Jatmiko, B., & Supardi, Z. A. I. (2017). DAMPAK PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI SUHU DAN KALOR. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(1), 1159–1166. https://doi.org/10.26740/jpps.v6n1.p1159-1166

Issue

Section

Articles
Abstract views: 462 , PDF Downloads: 390