PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Susilo Mei Diawati Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Soeparman Kardi Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Z. A. Imam Supardi Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v6n1.p1130-1139

Keywords:

Learning Materials, Guided Inquiry Learning Model, Learning Achievement.

Abstract

This study aims to produce a feasible learning materials to improve junior high school learning achievement. Learning takes place by applying the model of guided inquiry learning materials. The research subjectives are learning materials. This research is the development of the design of the learning materials used a model of Dick and Carey and tested in class VIII SMP Negeri 6 Bandar Lampung to the design of the  trial  one  group pretest-posttest. The  Data were  analyzed using qualitative descriptive analysis. The results showed that: (1) a valid learning materials developed; (2) the learning process took place well; (3) the students were more active in learning; (4) the learning achievement of students has increased by a score of N-gain high category; (5) the students responded positively towards learning. Based on the above results, it can be concluded that the guided inquiry learning model materials that have been developed feasible used to improve student learning achievement.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang layak untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah menengah pertama. Pembelajaran ini dilakukan dengan cara menerapkan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing. Sasaran penelitian adalah perangkat pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain perangkat pembelajaran menggunakan model Dick and Carey dan diujicobakan di kelas VIII SMP Negeri 6 Bandar Lampung dengan desain uji coba one group pretest-posttest. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid; (2) pembelajaran terlaksana dengan kategori sangat baik; (3) siswa lebih aktif dalam pembelajaran; (4)  hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan skor N-gain berkategori tinggi; (5) Siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing yang telah dikembangkan  layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-01-31

How to Cite

Diawati, S. M., Kardi, S., & Supardi, Z. A. I. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(1), 1130–1139. https://doi.org/10.26740/jpps.v6n1.p1130-1139

Issue

Section

Articles
Abstract views: 415 , PDF Downloads: 1040