PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PhET PADA MATERI LISTRIK DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Authors

  • Neti Nafrianti Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Z. A. Imam Supardi Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Erman Erman Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v6n1.p1100-1106

Keywords:

Critical Thinking Skills, Guided Inquiry Learning, the Learning Media of PhET

Abstract

This development of research aimed to produce the sets of PhET-assisted guided inquiry learning materials to increase students' critical thinking skills are feasible (valid, practical and efficient) for using in teaching and learning process on dynamic electricity in junior high school. To achieve these objectives, the researcher developed  learning materials that contain: Lesson Plan, Student Activity Sheet, Instructional Materials and an instrument to measure critical thinking skill, the 4-D model had been used to develop these materials. They had been validated, revised, and tested to 30 students of IX grade of junior high school 6 muaro jambi using one group pretest-posttest design. Students critical thinking skill improved by high category. Based on this research result, it can be concluded that the PhET-assisted guided inquiry learning on Dinamycs Electricity is feasible to increase the improvement of students critical thinking skill.

 

 

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PhET untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa yang layak (valid, praktis dan efektif) digunakan dalam proses belajar mengajar pada materi listrik dinamis di SMP. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran yang terdiri atas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Lembar Kegiatan Siswa, Bahan Ajar Siswa dan Tes Hasil Belajar Keterampilan Berpikir Kritis dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Perangkat hasil pengembangan yang telah divalidasi dan direvisi, kemudian diujicobakan pada 30 orang siswa kelas IX SMPN 6 Muaro Jambi dengan menggunakan rancangan One Group Pretest-Posttest. Keterampilan berpikir kritis siswa menunjukkan peningkatan dengan kategori tinggi. Berdasarkan data hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PhET pada materi Listrik Dinamis layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-01-31

How to Cite

Nafrianti, N., Supardi, Z. A. I., & Erman, E. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PhET PADA MATERI LISTRIK DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(1), 1100–1106. https://doi.org/10.26740/jpps.v6n1.p1100-1106

Issue

Section

Articles
Abstract views: 776 , PDF Downloads: 1131