PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEMAKNAAN PADA PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER PADA SISWA SMK

Authors

  • Nuri Yuliani Yuliani SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo
  • Tukiran Tukiran Pascasarjana Prodi Pendidikan Sains Universitas Negeri Surabaya
  • Leny Yuanita Pascasarjana Prodi Pendidikan Sains Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v1n2.p80-84

Keywords:

cooperative, discipline, honest, learning outcome, pembelajaran pemaknaan

Abstract

This research aims to explain learning application using model pembelajaran pemaknaan on chemical bonding topic including  the  student activities, students response and learning outcome of the studentscharacter of honest, discipline and cooperative. The subject are students of the tenth grade at SMKN 3 Buduran Sidoarjo at the second semester in 2011-2012. In research, it was used pre experimental research by the replication of three times using the design of one group pretest and posttest. Based on the data that had been analyzed were obtained some findings a) observation of learning activity conducted was well b) the observation of  students  characters  during the learning activities  were very good predicate in honest, dicipline and cooperative. Based on experimental result and discussion it can be concluded that the implementation of the model pembelajaran pemaknaan could develop the astudents character of an honest, disciplined and cooperative.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskankan  penerapan model pembelajaran pemaknaan pada materi ikatan kimia terhadap keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, respon siswa dan pengembangan karakter jujur, disiplin dan kerjasama siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas X SMKN 3 Buduran Sidoarjo pada semester II tahun ajaran 2011-2012. Jenis penelitian pre eksperimen, menggunakan desain penelitian  one group pretest postest dengan replikasi tiga kali. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh temuan a) pengamatan terhadap keterlaksanaan pembelajaran berkategori baik b) pengamatan terhadap karakter  jujur, disiplin dan kerjasama selama proses pembelajaran mengalami peningkatan dengan berpredikat baik. Berdasarkan hasil dan diskusi penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran pemaknaan dapat mengembangkan karakter jujur, disiplin dan kerjasama siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-01-23

How to Cite

Yuliani, N. Y., Tukiran, T., & Yuanita, L. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEMAKNAAN PADA PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER PADA SISWA SMK. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 1(2), 80–84. https://doi.org/10.26740/jpps.v1n2.p80-84

Issue

Section

Articles
Abstract views: 411 , PDF Downloads: 690