PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN PRAKTIKUM FISIKA DASAR BERORIENTASI HEURISTIK TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN AKADEMIK MAHASISWA

Authors

  • Wirawan Fadly Mahasiswa Pascasarjana Prodi Pendidikan Sains Universitas Negeri Surabaya
  • Soegimin W.W Pascasarjana Prodi Pendidikan Sains Universitas Negeri Surabaya
  • Sri Poedjiastoeti

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v1n1.p36-43

Keywords:

learning program, physics practicum, guided heuristics, academic skills

Abstract

The main goal of this research is to developed learning program of physics practicum oriented to guided-heuristic for improving students academic skills. The research method used is the R&D that was conducted in physics laboratory of FMIPA Unesa with research design one-shot case study in trial I and one group pretest-posttest in trial II. Data analysis techniques through quantitative descriptive, qualitative descriptive and inferensial statistics. The results has shown that the learning program of physics practicum oriented to guided-heuristic effectively improved students academic skills.


Penelitian ini bertujuan mengembangkan program pembelajaran praktikum Fisika Dasar berorientasi heuristik terbimbing untuk meningkatkan kecakapan akademik mahasiswa yang ditinjau dari karakteristik program pembelajaran, kecakapan akademik mahasiswa, peningkatan kecakapan akademik setelah penerapan, respon mahasiswa terhadap penerapan program pembelajaran yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (research and development) dengan desain penelitian one-shot case study pada uji coba I dan one group pretest-posttest design pada uji coba II. Teknik analisis data melalui analisis deskriptif kuantitatif, deskriptif kualitatif dan statistik induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pembelajaran praktikum Fisika Dasar berorientasi heuristik terbimbing yang dikembangkan efektif meningkatkan kecakapan akademik mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

How to Cite

Fadly, W., W.W, S., & Poedjiastoeti, S. (2017). PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN PRAKTIKUM FISIKA DASAR BERORIENTASI HEURISTIK TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN AKADEMIK MAHASISWA. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 1(1), 36–43. https://doi.org/10.26740/jpps.v1n1.p36-43

Issue

Section

Articles
Abstract views: 271 , PDF Downloads: 751