Effect of Project-Based Learning and Science Literacy Ability on Critical Thinking Skills in Virtual Learning of the Thermodynamics Course

Penulis

  • Fenno Farcis University of Palangka Raya
  • Gunarjo Suryanto Budi University of Palangka Raya
  • Enny Wijayanti University of Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v12n1.p56-68

Kata Kunci:

Critical Thinking Skills, Project-based Learning, Scientific Literacy Ability, Virtual Learning

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek dan keterampilan literasi sains terhadap keterampilan berpikir kritis siswa 20 siswa dalam pembelajaran virtual kelas Termodinamika di Program Studi Pendidikan Fisika. Desain penelitian menggunakan teknik regresi tiga variabel yang terdiri dari dua variabel bebas yaitu pembelajaran berbasis proyek (X1), kemampuan literasi sains (X2) dan variabel terikat yaitu keterampilan berpikir kritis (Y). Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi, angket dengan skala likert, dan evaluasi kemampuan berpikir kritis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh parsial pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan berpikir kritis siswa (0,995 > 0,05), dan variabel kemampuan literasi sains secara parsial berpengaruh terhadap variabel keterampilan berpikir kritis sebesar 0,001. Nilai signifikansi pembelajaran berbasis proyek dan kemampuan literasi sains terhadap keterampilan berpikir kritis yang diperoleh adalah 0,001. Nilai signifikan ini lebih kecil dari nilai alpha yaitu 0,05, dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, artinya kegiatan pembelajaran berbasis proyek dan kemampuan literasi sains secara bersama-sama berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa Pendidikan Fisika dalam pembelajaran virtual kelas Termodinamika. 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ali, M. K., & Maksum, H. (2020). Utilization of e-learning based ICT learning using the google classroom application during the COVID-19 pandemic. Journal of Educational Research and Evaluation, 4(4) 373-380. https://doi.org/10.23887/jere.v4i4.29181

Almahida,. A. D., & Gamaliel, S. A. (2020). Efektivitas model pembelajaran project based learning berbasis STEM dan tidak berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Basicedu Journal of Elementary Education, 4(2), 344-354. http://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.353

Antika, L. T., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2017). Hubungan antara keterampilan berpikir kritis dengan hasil belajar biologi dengan model reading-concept map-think pair share (remap TPS). Proceeding Science Educational Conference, 80-89.

Desi, N. A. S., Ani, R., & Murbangun, N. (2017). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan literasi sains siswa. Pancasakti Science Education Journal, 2(2), 114-124.

Davies, M., & Barnett, R. (2015). The palgrave handbook of critical thinking in higher education. New York: Palgrave Macmillan.

Ennis, R. H. (2015). Critical thinking: Streamlined conception. Teaching Philosophy, 14(1), 5-25. http://dx.doi.org/10.1057/9781137378057.0005.

Facione, P. (2015). Critical thinking: What it is and why it count. Hermosa Beach: Measured Reasons LLC.

Fadila, D., Suliyanah, S., & Deta, U. A. (2020). Analysis of interest and scientific literacy skills of senior high school in learning physics. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 8(2), 39-47. https://doi.org/10.33394/j-lkf.v8i2.3195

Hemas, M. D. A., Wedhanti, N. K., & Juniarta, P. A. K. (2021). Analysis of higher thinking skills in english lesson plans. Thinking Skills and Creativity Journal, 4(2), 68-73. https://doi.org/10.23887/tscj.v4i2.36999

Henderson, B., & McKinney, R. A. (2016). Catching the hot potato: Where does grammar land in STEM education. Professional Communication Conference (IPCC), 1-2.

Husna, N., Evendi, E., Safitri, R., & Wahyuni, W. (2021). Understanding of physics concepts by samudra langsa university students. International Journal of Educational and Vocational Studies, 3(6), 438-442. https://doi.org/10.29103/ijevs.v3i6.5254

Ivayuni, L., Herawati, S., & Sueb. (2022). Relationship between scientific literacy and critical thinking of prospective teachers. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 14(1), 721-730. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1355

Jagantara, I. M. W, Adnyana, P. B., & Widiyanti, N. L. P. M. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (project lased learning) terhadap hasil belajar biologi ditinjau dari gaya belajar siswa SMA. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1-13.

Juhji, J., & Mansur, M. (2016). Pengaruh literasi sains dan keterampilan berpikir kritis terhadap penguasaan konsep dasar biologi. Edusains, 12(1), 113-122. https://doi.org/10.15408/es.v12i1.13048

Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based Learning: A review of the literature. California: Sage Publications.

Mery, N., Ani, R., Susilo, S., & Putu, M. (2021). Meta-analisis literasi sains siswa di Indonesia. Unnes Physics Education Journal, 10(3), 209-215. https://doi.org/10.15294/upej.v10i3.55667

Ni Made, Y. S., Gunawan, G., & Hairunnisyah, S. (2016). Pengaruh model project based learning berbantuan media virtual terhadap penguasaan konsep peserta didik pada materi alat-alat optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 73-79. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.292

Prabawati, P. L. S., & Agustika, G. N. S. (2019). Project-based learning based on STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) enhancing students science knowledge competence. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4), 621-629. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i4.26670

Rahayuni, G. (2016). Hubungan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains pada pembelajaran IPA terpadu dengan model PBM dan STM. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131-146. http://dx.doi.org/10.30870/jppi.v2i2.926

Risamasu, P., & Victoria, M. (2016). Peran pendekatan keterampilan proses sains dalam pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jayapura, 73-81. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v3i2.11294

Rizkita, L., Suwono, H., & Susilo, H. (2016). Analisis kemampuan awal literasi sains siswa SMA kota malang. Prosiding Seminar Nasional II Tahun 2016 Kerjasama Prodi Pendidikan Biologi FKIP dengan Pusat Studi Lingkungan dan Kependudukan (PSLK) Universitas Muhammadiyah Malang, 771-781.

Rusydi, R. (2017). Pembelajaran berbasis masalah (PBM) pada materi termodinamika untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan kemampuan kreatif (kreativitas) mahasiswa FTK UIN ar-raniry banda aceh. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI), 1(2), 192- 202. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9694

Shahbazi, Z., Jacobs, M., Lehnes, A., & Mancuso, K. (2016). Designing integrated STEM education: Linking STEM teachers andlLearners in a K-20 continuum. ASME 2016 International Design Engineering Technical Conferences and Computers and Information in Engineering Conference.

Singh, J., Steele, K. & Singh, L. (2021). Combining the best of online and face-to-face learning: Hybrid and blended learning approach for COVID-19, post vaccine, & post-pandemic world. Journal of Educational Technology Systems, 50(2), 140-171. https://doi.org/10.1177/00472395211047865.

Sunaryo, H. (2019). Strengthening the character of students through product-based literary learning. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 349, 214-216. https://dx.doi.org/10.2991/iccd-19.2019.57

Syamsul, H., & Novaliyosi, N. (2019). TIMSS indonesia (trends in international mathematics and science study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers. Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi Tasikmalaya, 562-569.

Suwono, H., Lutfi, R. & Herawati, S. (2015). Peningkatan literasi saintifik siswa SMA melalui pembelajaran biologi berbasis masalah sosiosains. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 21(2), 136-144. http://dx.doi.org/10.17977/ jip.v21i2.8367.

United Nations Development Programme. (2022). Human development insight. Human Development Report.

Utami, Y. P., & Derius D. A. C. (2020). Belajar di rumah: Analisis kesulitan matematika pada proses pembelajaran berani. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20-26. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252

Wanjala, N. F. & Buers, A. J. (2015). Thermodynamics: Distance learning module. Nairobi: University of Nairobi.

Diterbitkan

2022-11-27

Cara Mengutip

Farcis, F., Budi, G. S., & Wijayanti, E. (2022). Effect of Project-Based Learning and Science Literacy Ability on Critical Thinking Skills in Virtual Learning of the Thermodynamics Course. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 12(1), 56–68. https://doi.org/10.26740/jpps.v12n1.p56-68

Terbitan

Bagian

Implementation of Digital Technology in Science Education
Abstract views: 481 , PDF Downloads: 476