EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA

Authors

  • Septiana Dwi Utami Universitas Pendidikan Mandalika
  • Ika Nurani Dewi Universitas Pendidikan Mandalika

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v10n2.p1996-2004

Keywords:

jigswa, hasil belajar, kearifan lokal

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran jigsaw berorientasi kearifan lokal terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah pre-ekxterimental dengan menggunakan desain penelitian one group pretes-postes desain. Populasi penelitian mahasiswa pendidikan biologi UNDIKMA, dengan sampel mahasiswa semester 2 tahun ajaran 2018/2019 dan semester 4 tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 49 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data hasil belajar kognitif diperoleh melalui instrumen tes objektif. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 42,9 sedangkan nilai rata-rata postest diperoleh sebesar 66,3. Hasil analisis menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 16,81 dan ttabel sebesar 1,67 sedangkan nilai probabilitas 0,00 pada taraf signifikan 5%. Hasil tersebut menunjukkan 1) ada perbedaan hasil belajar kognitif mahasiswa setelah penerapan model pembelajaran Jigsaw berorientasi kearifan lokal, 2) ada peningkatan hasil belajar kognitif mahasiswa setelah menerapkan model pembelajaran Jigsaw berorientasi kearifan lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Septiana Dwi Utami, Universitas Pendidikan Mandalika

Pendidikan Biologi

Ika Nurani Dewi, Universitas Pendidikan Mandalika

Pendidikan Biologi

References

Adinugraha, F. (2020). Potensi reresik sumur itu sebagai pendekatan kearifan lokal dan budaya pada pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 6(1), 16-32.

Anggraeni, K & Yonanda, D.A (2018). Efektivitas bahan ajar berbasis kearifan lokal dalam model pembelajaran teknik jigsaw terhadap keterampilan menulis deskripsi.

Visipena, 9(2), 385-392. Intan. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia di sekolah dasar. Pedagogik. Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 209-220.

Johnson, D.H & Johnson, F.P. (2009). 10th edition joining together: Group theory and group skills. Ney Jersey: Pearson Education, Inc.

Kemenristek, (2014). Lampiran peraturan menteri riset, teknologi, dan pendidikan tinggi RI No 49 tahun 2014 tentang: Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) dan Standar Nasional Pendidikan Guru (SNPG). Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Kristiyanto, E.N. (2017). Kedudukan kearifan lokal dan peranan masyarakat dalam penataan ruang di daerah. Jurnal Rechtsvinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 6(2), 159- 177.

Maryono. (2016). The implementation of schools’ policy in the development of the local content curriculum in primary schools in Pacitan, Indonesia. Educational Research and Reviews, 11(8), 891-906.

Nurfithtria, S.J.M., Setyosari, P., & Ulfa, S. (2017). Keefektifan dua strategi pembelajaran thinkpair-share vs jigsaw terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar bahasa Inggris Siswa SMA di Kota Malang. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar, 1(1), 553-556.

Putra, A.I.B.P., Pujani, M.N. & Juniartina, P.P. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap pemahaman konsep IPA siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, 1(2), 80-90.

Ramdani, A., Utami, S.D., Efendi, I., Dewi, I.N., & Rohyani, I.S. (2019). Local wisdom integrated biology learning program as an alternatif to increase generic science skills. Journal of Physics: Conference Series, 1521(1), 1-6.

Rosyidah, U. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 115-124.

Rusman. (2014). Model-model pembelajaran (mengembangkan profesionalisme guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Setyawan, S. (2013). Nyalakan kelasmu (20 metode mengajar dan aplikasinya). Jakarta: PT. Grasindo.

Slavin, R.E. (2015). Educational psychology, theory and pratice. Boston: Pearson Education Inc.

Sudarsana, I.K. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap peningkatan mutu hasil belajar siswa. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 20-31.

Suparlan, (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 1(2). 79-88.

Sugiyono (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utami, S.D & Dewi, I.N. (2017). Validitas perangkat pembelajaran biologi terintegrasi kearifan lokal untuk mengembangkan keterampilan penyelesaian masalah mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Bioscientist, 5(2), 38-42.

Utami, S.D & Dewi, I.N. (2017). Penerapan perangkat pembelajaran terintegrasi kearifan lokal untuk meningkatkan keterampilan penyelesaian masalah. Prosiding Asosiasi Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia (APPPI) NTB, 1(1), 520-526.

Utami, S.D., Efendi, I., Dewi, I.N., Ramdani, A., & Rohyani, I. (2018). The study of local wisdom of ethnic sasaks in development of biology instructional learning program (P3Bio) based on 21st century skills. International Conference, Advances in Intelligent Systems Research (AISR), 157(1), 114- 116.

Utami, S.D., Effendi, I., Dewi, I.N., Ramdani, A., & Rohyani, I. (2019). Validitas Perangkat Pembelajaran Etnoekologi Masyarakat Suku Sasak Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 5(2), 240-247.

Wahyuni, S. (2015). Developing science learning instruments based on local wisdom to improve students’ critical thinking Skills. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 11(1), 156-161.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Utami, S. D., & Dewi, I. N. (2021). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW BERORIENTASI KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MAHASISWA. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(2), 1996–2004. https://doi.org/10.26740/jpps.v10n2.p1996-2004

Issue

Section

Articles
Abstract views: 295 , PDF Downloads: 334