ANALISIS KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA PADA TOPIK LAJU REAKSI

Authors

  • Rohmat Hidayatulloh Universitas Negeri Surabaya
  • Suyono Suyono Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Utiya Azizah Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v10n1.p1899-1909

Keywords:

Keterampilan Pemecahan Masalah, Laju Reaksi

Abstract

Keterampilan manajemen masalah merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki oleh siswa di abad ke-21. Keterampilan masalah masalah siswa dapat meningkatkan proses pembelajaran, termasuk proses pembelajaran pada topik laju reaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan masalah siswa pada topik reaksi. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah 25 siswa kelas XI MAN 2 Gresik yang dipilih dengan probability sampling dengan teknik proportionale stratified random sampling. Teknik tes data menggunakan bentuk tes dan non tes berupa soal pilihan ganda dan wawancara baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat keterampilan masalah siswa MAN 2 Gresik berada pada kategori sedang, yang dapat dilihat dari hasil pengerjaan siswa dalam tes keterampilan masalah pada topik laju reaksi (2) Faktor-faktor yang berpengaruh pada proses masalah masalah siswa dalam topik laju reaksi global adalah: (a) ketelitian siswa dalam mengerjakan soal,

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adeoye, FA 2010. Pengaruh pemecahan masalah dan strategi pembelajaran kooperatif pada prestasi siswa sekolah menengah atas dalam bidang fisika. Jurnal Teori & Praktek dalam Pendidikan (JTPE) , 6 (2), 235-266.

Aji, REW, & Mahmudi, A. 2018. Efektifitas Pembelajaran Matematika dengan Strategi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika-S1 , Vol. 7 No. 3

Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bransford, John D. & Stein, Barry S. 1993. Pemecah Masalah Ideal. Pusat Pengajaran dan Teknologi - Perpustakaan Buku . 46. Diakses melalui https: //digitalcommons.georgias southern.edu/ct2-library/46

Gabel, D., 1998. Kompleksitas Kimia dan Implikasinya untuk Pengajaran, Dalam Fraser, BJ dan. Tobin KG, Buku Pegangan Internasional Pendidikan Sains Dordrecht, Belanda: Kluwer Academic Publishers, Hal 233-248.

Greiff, Samuel., Daniel, V. Holt & Joachim, Funke. 2013. Perspektif Pemecahan Masalah dalam Penilaian Pendidikan: Pemecahan Masalah Analitis, Interaktif, dan Kolaboratif. Jurnal Pemecahan Masalah . 5 (2), 7191.

Lismayani, Irma, Parno, & Mahanal, Susriyati. 2017. Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Sains Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains. 5 (3), 96-101

Maemanah, Shoimatul, dkk. 2019. Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Flipped Classroom Pada Pembelajaran Kimia Abad Ke 21. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia . Vol. 3 No. 2

McInerney, DM & McInerney, V. 2010. Psikologi Pendidikan: Membangun Pembelajaran . Edisi ke- 5 . New South Wales: Pearson

Mukhopadhyay, R. 2013. Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran IPA-Beberapa Pertimbangan Penting Seorang Guru. Jurnal Humaniora dan Ilmu Sosial IOSR (IOSR-JHSS). (Online] , 8 (6), 21-25

Nyachwaya J., Warfa ARM, Roehrig GH dan Schneider JL, (2014), penggunaan algoritma hafalan mahasiswa kimia dalam reaksi kimia, Chem. Educ. Res. Praktik., 15, 8193

OECD. 2019. Hasil PISA 2018: Ringkasan Eksekutif . New York: Universitas Columbia

Paidi. 2011. Model Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Biologi di SMA. Prosiding Seminar Nasional FMIPA UNY

Polya, George. 1973. Cara Mengatasinya . New Jersey: Princeton University Presss

Rasiman. 2013. Proses Berpikir Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Bagi Siswa Dengan Kemampuan Matematika Rendah. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta

Komite Masyarakat Pendidikan (2012). Pedoman ACS dan rekomendasi untuk pengajaran Kimia sekolah menengah . Washington, DC: American Chemical Society.

Sanjaya, R. 2013. Penggunaan Metode Meningkatkan Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah pada Materi Larutan Penyangga, Kelarutan dan Hasilkali Kelarutan Di Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi Sarjana. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.

Trilling, B., & Fadel, C. 2009. Keterampilan abad ke-21: Belajar untuk hidup di zaman kita . San Francisco: Jossey-Bass

Wagner, T. 2010. Mengatasi Kesenjangan Prestasi Global (online). Cambridge, Mass., Universitas Harvard

Wena, M. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer . Jakarta: Bumi Aksara

Widiasih., Permanasari, A., Riandi., Damayanti, T 2018. Seminar Internasional ke-4 Pendidikan Matematika, Sains dan Ilmu Komputer

Yanti, NR, Suharto, B., & Program, S. 2016. Implementasi Model Problem Based Berbantuan Tes Superitem terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Quantum, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains , Vol. 7 No. 2

Yu, Kuang-Chao., Fan, Szu-Chun., Lin, Kuen Yi. 2014. Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Konteks. Jurnal Internasional Pendidikan Sains dan Matematika . 13: 1377 - 1401

Yuriev, Elizabeth., Naidu, Som., Schembri, L, S., Short, JL 2017. Scaffolding Pengembangan Keterampilan Pemecahan Masalah dalam Kimia: Membimbing Siswa Novice Keluar dari Dead End dan False Starts. Royal Society of Chemistry . 18: 486-504

Downloads

Published

2020-11-28

How to Cite

Hidayatulloh, R., Suyono, S., & Azizah, U. (2020). ANALISIS KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA PADA TOPIK LAJU REAKSI. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(1), 1899–1909. https://doi.org/10.26740/jpps.v10n1.p1899-1909

Issue

Section

Digital Technology-based Science Education
Abstract views: 2059 , PDF Downloads: 3705