ANALISIS KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA PADA TOPIK LAJU REAKSI

Authors

  • Rohmat Hidayatulloh Universitas Negeri Surabaya
  • Suyono Suyono Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Utiya Azizah Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jpps.v10n1.p1899-1909

Keywords:

Keterampilan Pemecahan Masalah, Laju Reaksi

Abstract

Keterampilan manajemen masalah merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dimiliki oleh siswa di abad ke-21. Keterampilan masalah masalah siswa dapat meningkatkan proses pembelajaran, termasuk proses pembelajaran pada topik laju reaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan masalah siswa pada topik reaksi. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah 25 siswa kelas XI MAN 2 Gresik yang dipilih dengan probability sampling dengan teknik proportionale stratified random sampling. Teknik tes data menggunakan bentuk tes dan non tes berupa soal pilihan ganda dan wawancara baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat keterampilan masalah siswa MAN 2 Gresik berada pada kategori sedang, yang dapat dilihat dari hasil pengerjaan siswa dalam tes keterampilan masalah pada topik laju reaksi (2) Faktor-faktor yang berpengaruh pada proses masalah masalah siswa dalam topik laju reaksi global adalah: (a) ketelitian siswa dalam mengerjakan soal,

Downloads

Download data is not yet available.

References

<p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Adeoye, FA 2010. Pengaruh pemecahan masalah dan strategi pembelajaran kooperatif pada prestasi siswa sekolah menengah atas dalam bidang fisika. </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Jurnal Teori &amp; Praktek dalam Pendidikan (JTPE)</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> , </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">6</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> (2), 235-266.</span></span></p><p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Aji, REW, &amp; Mahmudi, A. 2018. Efektifitas Pembelajaran Matematika dengan Strategi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Jurnal Pendidikan Matematika-S1</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> , Vol. </span><span style="vertical-align: inherit;">7 No. 3</span></span></p><p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Arikunto, Suharsimi. </span><span style="vertical-align: inherit;">2009. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. </span><span style="vertical-align: inherit;">Jakarta: Rineka Cipta.</span></span></p><p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Bransford, John D. &amp; Stein, Barry S. 1993. Pemecah Masalah Ideal. </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Pusat Pengajaran dan Teknologi - Perpustakaan Buku</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> . </span><span style="vertical-align: inherit;">46. Diakses melalui </span><a href="https://digitalcommons.georgiasouthern.edu/ct2-library/46"><span style="vertical-align: inherit;">https:</span></a><span style="vertical-align: inherit;"> //digitalcommons.georgias southern.edu/ct2-library/46</span></span></p><p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Gabel, D., 1998. Kompleksitas Kimia dan Implikasinya untuk Pengajaran, Dalam Fraser, BJ dan. </span><span style="vertical-align: inherit;">Tobin KG, </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Buku Pegangan Internasional Pendidikan Sains</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> Dordrecht, Belanda: Kluwer Academic Publishers, Hal 233-248.</span></span></p><p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Greiff, Samuel., Daniel, V. Holt &amp; Joachim, Funke. </span><span style="vertical-align: inherit;">2013. Perspektif Pemecahan Masalah dalam Penilaian Pendidikan: Pemecahan Masalah Analitis, Interaktif, dan Kolaboratif. </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Jurnal </span></span></em><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Pemecahan Masalah</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> . </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">5</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> (2), 7191.</span></span></p><p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Lismayani, Irma, Parno, &amp; Mahanal, Susriyati. </span><span style="vertical-align: inherit;">2017. Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Sains Siswa SMP. </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Jurnal Pendidikan Sains. </span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">5 (3), 96-101</span></span></p><p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Maemanah, Shoimatul, dkk. </span><span style="vertical-align: inherit;">2019. Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Flipped Classroom</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> Pada Pembelajaran Kimia Abad Ke 21. </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> . </span><span style="vertical-align: inherit;">Vol. </span><span style="vertical-align: inherit;">3 No. 2</span></span></p><p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">McInerney, DM &amp; McInerney, V. 2010. </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Psikologi Pendidikan: Membangun Pembelajaran</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> . </span><span style="vertical-align: inherit;">Edisi </span></span><sup><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">ke-</span></span></sup><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> 5 </span><span style="vertical-align: inherit;">. </span><span style="vertical-align: inherit;">New South Wales: Pearson</span></span></p><p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Mukhopadhyay, R. 2013. Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran IPA-Beberapa Pertimbangan Penting Seorang Guru. </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Jurnal Humaniora dan Ilmu Sosial IOSR (IOSR-JHSS). (Online]</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> , </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">8</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> (6), 21-25</span></span></p><p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Nyachwaya J., Warfa ARM, Roehrig GH dan Schneider JL, (2014), penggunaan algoritma hafalan mahasiswa kimia dalam reaksi kimia, Chem. </span><span style="vertical-align: inherit;">Educ. </span><span style="vertical-align: inherit;">Res. </span><span style="vertical-align: inherit;">Praktik., 15, 8193</span></span></p><p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">OECD. </span><span style="vertical-align: inherit;">2019. </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Hasil PISA 2018: Ringkasan Eksekutif</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> . </span><span style="vertical-align: inherit;">New York: Universitas Columbia</span></span></p><p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Paidi. </span><span style="vertical-align: inherit;">2011. Model Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Biologi di SMA. </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Prosiding Seminar Nasional FMIPA UNY</span></span></em></p><p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Polya, George. </span><span style="vertical-align: inherit;">1973. </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Cara Mengatasinya</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> . </span><span style="vertical-align: inherit;">New Jersey: Princeton University Presss</span></span></p><p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Rasiman. </span><span style="vertical-align: inherit;">2013. Proses Berpikir Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Bagi Siswa Dengan Kemampuan Matematika Rendah. </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta</span></span></em></p><p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Komite Masyarakat Pendidikan (2012). </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Pedoman ACS dan rekomendasi untuk pengajaran </span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><em><span style="vertical-align: inherit;">Kimia </span></em><em><span style="vertical-align: inherit;">sekolah menengah </span></em><em><span style="vertical-align: inherit;">. </span></em><span style="vertical-align: inherit;">Washington, DC: American Chemical Society.</span></span><em> </em><em></em><em></em></p><p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Sanjaya, R. 2013. Penggunaan Metode Meningkatkan Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah pada Materi Larutan Penyangga, Kelarutan dan Hasilkali Kelarutan Di Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2012/2013. </span><span style="vertical-align: inherit;">Skripsi Sarjana. </span><span style="vertical-align: inherit;">Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.</span></span></p><p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Trilling, B., &amp; Fadel, C. 2009. </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Keterampilan abad ke-21: Belajar untuk hidup di zaman kita</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> . </span><span style="vertical-align: inherit;">San Francisco: Jossey-Bass</span></span></p><p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Wagner, T. 2010. </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Mengatasi Kesenjangan Prestasi Global</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> (online). </span><span style="vertical-align: inherit;">Cambridge, Mass., Universitas Harvard</span></span></p><p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Wena, M. 2009. </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> . </span><span style="vertical-align: inherit;">Jakarta: Bumi Aksara</span></span></p><p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Widiasih., Permanasari, A., Riandi., Damayanti, T 2018. </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Seminar Internasional ke-4 Pendidikan Matematika, Sains dan Ilmu Komputer</span></span></em></p><p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Yanti, NR, Suharto, B., &amp; Program, S. 2016. Implementasi Model Problem Based Berbantuan Tes Superitem terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Quantum, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> , Vol. </span><span style="vertical-align: inherit;">7 No. 2</span></span></p><p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Yu, Kuang-Chao., Fan, Szu-Chun., Lin, Kuen Yi. </span><span style="vertical-align: inherit;">2014. Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Konteks. </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Jurnal Internasional Pendidikan Sains dan Matematika</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> . </span><span style="vertical-align: inherit;">13: 1377 - 1401</span></span></p><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Yuriev, Elizabeth., Naidu, Som., Schembri, L, S., Short, JL 2017. Scaffolding Pengembangan Keterampilan Pemecahan Masalah dalam Kimia: Membimbing Siswa Novice Keluar dari Dead End dan False Starts. </span></span><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Royal Society of Chemistry</span></span></em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"> . </span><span style="vertical-align: inherit;">18: 486-504</span></span>

Downloads

Published

2020-11-28

How to Cite

Hidayatulloh, R., Suyono, S., & Azizah, U. (2020). ANALISIS KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA PADA TOPIK LAJU REAKSI. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 10(1), 1899–1909. https://doi.org/10.26740/jpps.v10n1.p1899-1909

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1552 , PDF Downloads: 3403