REPRESENTASI PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENELITIAN: SEBUAH SURVEI UNTUK MENGUKUR PERILAKU PADA MAHASISWA BARU DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SAINS UNESA

Authors

  • Hasan Subekti Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppipa.v1n1.p7-12

Abstract

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku penggunaan media digital dan pembelajaran berbasis penelitian pada mahasiswa baru di Program Studi Pendidikan Sains Unesa yang mencetak calon guru IPA. Penelitian ini melibatkan seluruh mahasiswa baru angkatan 2015 yang terbagi pada kelas A, B, dan C. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan survei dan dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara umum mahasiswa cenderung berperilaku menggunakan media untuk menunjang pembelajaran (95,3%). Pengaksesan terhadap penelitian dosen sebagai bahan pembelajaran berbasis riset juga ditunjukkan dengan persentase sebanyak 82%. Hasil ini merupakan rerata pada masing-masing kelas. Simpulannya, bentuk representasi penggunaan media digital bagi mahasiswa adalah untuk menunjang pembelajaran dan pembelajaran berbasis riset dilakukan dengan cara menelaah hasil penelitian dosen dengan bidang-bidang yang relevan. Untuk itu, rekomendasi yang dibuat ialah penggunaan media digital dalam proses pembelajaran dan pembelajaran berbasis riset dapat menjadi salah satu alternatif solusi yang dapat digunakan untuk mengasah kemampuan mahasiswa calon guru sains guna menghadapi tantangan pembelajaran abad 21.


Kata Kunci: perilaku, media digital, PBR, calon guru sains

Downloads

Published

2017-02-13

How to Cite

Subekti, H. (2017). REPRESENTASI PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL DAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENELITIAN: SEBUAH SURVEI UNTUK MENGUKUR PERILAKU PADA MAHASISWA BARU DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SAINS UNESA. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 1(1), 7–12. https://doi.org/10.26740/jppipa.v1n1.p7-12
Abstract views: 1680 , PDF Downloads: 965