PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK DI UPT PPSPA BATU (STUDI PADA KEMANDIRIAN ANAK AGRESIF)

Authors

  • Chandra Puspita Dewi Universitas Negeri Surabaya
  • Sjafiatul Mardliyah Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Peran pekerja sosial, kemandirian

Abstract

Perilaku agresif merupakan bentuk perilaku seperti menyakiti orang lain, baik secara fisik maupun secara mental. Bentuk perilaku agresif seperti memukul, berkelahi, mengejek, berteriak, sulit untuk diatur dan merusak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peran pekerja sosial dalam membentuk kemandirian, faktor yang menghambat dan faktor yang mendukung pekerja sosial dalam membentuk kemandirian anak di UPT PPSPA Batu. Desain penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan rancangan yang digunakan adalah studi kasus. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi pertisipasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Setelah tahapan tersebut, data diuji keabsahannya dengan creadibility, transferability, confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih belum adanya peningkatan kemandirian pada anak dalam melakukan tugas-tugasnya seperti mencuci baju, mencuci piring, menyetrika, merapikan kamar tidur dan membersihkan lingkungan. Karena anak melakukannya atas dasar paksaan atau tekanan dan ancaman

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Indriyana, P. (2019). Perilaku agresif pada anak sekolah dasar .
Marzuki, S. (2012). Pendidikan nonformal dimensi dalam keaksaraan fungsional, pelatihan, dan andragogi. . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nadhir. (2009). Memberdayakan Orang Miskin Melalui kelompok Swadaya Masyarakat . Yapsem , 14-15.
Nusantara, W., & Suryono, B. A. (2018). Pola Pendampingan Fasilitator UMKM Dalam Mewujudkan Sentra Rebana. Jurnal Pendidikan Untuk Semua , 8-18
Parker, Deborah. (2006). Menumbuhkan kemandirian dan harga diri anak. Jakarta : Prestasi Pustakarya.
Riyanto, Y. (2001). Metode penelitian pendidikan . Surabaya: Penerbit SIC.
Riyanto, Y. (2007). Metodologi penelitian pendidikan : Kualitatif dan Kuantitatif . Surabaya : Unesa University Press.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suharto, E. d. (2010). Pendidikan dan Praktik Pekerjaan sosial di Indonesia Melacak Masa Lalu, Merajut Masa Depan. Dalam Zastrow. Bandung: STKS Press, 2010.
Wahyuni, R. S., Suhanadji, & Lestari, G. D. (2017). Motivasi Relawan Sosial Dalam Pelaksanaan Bimbingan Belajar PLUS Di Sekolah Rakyat Kejawan Putih Surabaya. Jurnal Pendidikan Untuk Semua , 15-21.

Downloads

Published

2020-06-26
Abstract views: 163 , PDF Downloads: 126