PENGELOLAAN PKBM DALAM PERSPEKTIF PENGEMBANGAN POTENSI SUMBER DAYA MANUSIA LOKAL

Authors

  • Nuzulul Hidayah Universitas Negeri Surabaya
  • Widya Nusantara Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Pengelolaan, PKBM, Sumber Daya Manusia Lokal

Abstract

Penulisn artikel ini untuk mengetahui pengelolaan yang baik bagi lembaga pendidikan, teruntuk lembaga pendidikan nonformal yaitu PKBM. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengelolaan PKBM Budi Utama dalam perspektif pengembangan potensi sumber daya manusia lokal yang dikaitkan dengan standar pengelolaan pendidikan nonformal. Metode penelitian yang digunakna yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif tipe studi kasus. Data yang dianalisis dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu, dengan Reduksi Data, Penyajian Data, Verifikasi Data. Sedangakan dalam pengecekan keabsahan data (triangulasi) dilakukan dengan, triangulasi sumber, tringaulasi teknik, dan tringaulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan PKBM Budi Utama sesuai dengan pengelolaan atau manajemen PNF yaitu dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pembinaan, penilaian, dan pengembangan serta pengelolaanya lebih pada pengembangan potensi sumber daya manusai lokal Sehingga dalam pengembangan sumber daya manusia lokal dengan memberikan fasilitas bagi masyarakat yang memiliki kemampuan mengajar ataupun lainya dan juga memberikan pembelajaran dalam bentuk pelatihan atau keterampilan. Faktor pendukung dari pengelolaan PKBM dalam perspektif pengembangan potensi sumber daya manusia lokal yaitu dari sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya non-manusia, sedangkan untuk faktor penghambat yaitu dari latar belakang warga belajar atau peserta didik.

 

References

Hoerniasih, n. (2017). Faktor Pendukung Keberhasilan Pengelolaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) "Bina Sejahtera" Desa Pinayungan Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang. Prosiding Seminar Nasional Pendidkan FKIP UNTIRTA .
Ibrahim, B. (2003). Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Indonesia, F. K.-P. (2012, Februari). Konsep dan Strategi Pengembangan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Retrieved from http://www.scribd.comdoc/50757246/Konsep-dan-Strategi-Pengembangan-PKBM-FK-PKBM-Indonesia-A4-116221521
Rahmat, A. (2018). Manajemen Pemberdayaan "Pada Pendidikan Nonformal". Gorontalo: Ideas Publishing.
Ridwan, I. (2017). Eksistensi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Berbasis Sumber Daya Lokal Dalam Pembangunan Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA.
Sihombing, U. (2001). Pendidikan Luar Sekolah; Masalah,Tantangan, dan Peluang. Jakarta: CV. Wirakarsa.
Sudjana. (2000). Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Falah Production.
Sudjana. (2004). Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidik Nonforal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production.
Suharsimi, A. (2003). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Umberto, S. (2000). Pendidikan Luar Sekolah Manajemen Strategi. Jakarta: PD. Mahkota.
W.Creswell, J. (2009). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed (edisi ketiga). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widodo, d. (2015). Pengelolaan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Pada Era Otonomi Daerah. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, Tersedia di: http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm volum 2 nomor 1.
Widodo, d. (2016). Analysis of Non-Formal Education Leadership. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR) (Vol. 88). Malang: Alantis Press.

Downloads

Published

2020-06-26
Abstract views: 840 , PDF Downloads: 630