PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2015 DALAM MENINGKATKAN MUTU LULUSAN DI LKP MAGISTRA UTAMA TUBAN

Authors

  • Shoniatul Ummi Rizqi Universitas Negeri Surabaya
  • Widya Nusantara Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Manajemen Mutu, Mutu Lulusan, Lembaga Kursus dan Pelatihan

Abstract

Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) merupakan satuan pendidikan non formal yang mewadahi program pembelajaran masyarakat yang memiliki keterkaitan dengan peningkatan kemampuan keterampilan fungsional maupun kejuruan dalam rangka menekan angka pengangguran dan kemiskinan. Magistra Utama Tuban sebagai salah satu lembaga kursus dan pelatihan menyediakan program pendidikan keterampilan 1 tahun lebih siap dan cepat kerja, berkomitmen untuk menjaga mutu lembaga dan menghasilkan lulusan yang bermutu. Upaya untuk meningkatkan mutu lembaga adalah dengan menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 berdasarkan prinsipnya dalam meningkatkan mutu lulusan di LKP Magistra Utama Tuban. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan rancangan penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam, observasi non-partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di Magistra Utama Tuban telah dilaksanakan sesuai prinsipnya yaitu fokus pelanggan, kepemimpinan, keterlibatan dan kompetensi seseorang, pendekatan proses, perbaikan, pengambilan keputusan berbasis bukti, dan manajemen hubungan. Prinsip Sistem Manajemen Mutu ISO tersebut telah diterapkan dengan baik oleh lembaga, hal ini membuktikan adanya peningkatan mutu lulusan yang dapat dilihat dari prestasi akademik  dengan nilai kelulusan berkategori Baik, memiliki kemampuan dan keterampilan sesuai bidang keilmuan, dan  >90% lulusannya bekerja

References

Alma, B. (2009). Pemasaran Jasa Pendidikan Yang Fokus Pada Mutu. Dalam B. Alma, & R. Hurriyati, Manajemen Corporate Dan Stratgi Pemasaran Pada Mutu Dana Layanan Prima (hal. 26). Bandung: ALFABETA.
Brown, L. D. (1992). Quality Assurance Methodology Refirement Series. Bethesda: Quality Assurance Project.
Budiwibowo. (2017, Februari 21). Tri Nusa Verivy Indonesia. Diambil kembali dari Pengetian ISO 9001:2015 : http://sertifikatisokontraktor.wordpress.com
Creswell, J. W. (2012). Educational Research: planning, conducting,and evaluating quantitative and qualitatif reseacrh 4th ed. Boston: Pearson Education.
Fandy, T., & Anastasia, D. (2001). Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offset.
Goetsch , D. L., & Davis, S. (2013). Quality Managements for Organizational Excellence: Introductional to Total Quality, Seventh Edition. England: Pearson.
IPQI. (2017, Januari 30). 7 Prinsip ISO 9001:2015. Diambil kembali dari IPQI (Indonesia Productivity and Quality Institute): https://ipqi.org/7-prinsip-iso-90012015/
Mahmud, M. (2012). Manajemen Mutu Perguruan Tinggi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Nusantara, W. (2019). Kesesuaian Antara Standar Kompetensi Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat Dengan Materi Kuliah Pada Prodi PLS Unesa. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 2(1), 27-34.
Pemerintah. (2003). UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pemerintah.
Pemerintah. (2010). Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
Prawirosentono. (2004). Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu . Jakarta: Rineka Cipta.
Riyanto, Y. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: UNESA University Press.
Ramadhany, F. F., & Supriono. (2017). Analisis Penerapan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 Dalam Menunjang Pemasaran (Studi Pada PT Tritama Bina Karya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 53 hal 31-38.
Sagala, S. (2007). Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan . Bandung: Alfabeta.
Sihombing, U. (2001). Pendidikan Luar Sekolah Masalah, Tantangan, dan Peluang. Jakata: CV. Wirakarsa.
Sudarsana, I. K. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah Dalam Upaya Pembangunan Sumber Daya Manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, hal 1-14.
Sukmadinata, Syaodih, Nana, & dkk. (2006). Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah. Bandung: Refika Aditama.
Tohari, A. (2014). Program Penjaminan Mutu Kursus Komputer di Lembaga Kursus dan Pelatihan Magistra Utama. Yogyakarta: Skripsi.
Visscher, A. J. (2009). Improving Quality Assurance in European Vocational Education and Training. Netherland:Springer

Downloads

Published

2020-06-26
Abstract views: 535 , PDF Downloads: 293