HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI TUTOR DENGAN KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KESETARAAN PAKET B KELAS 7 DI SPNF SKB NEGERI KABUPATEN MALANG

Authors

  • Fryda Adella Universitas Negeri Surabaya
  • Maria Veronika Roesminingsih Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Kompetensi Tutor, Keefektifan Pembelajaran, Program Kesetaraan

Abstract

Dalam proses pembelajaran pada Pendidikan Nonformal peserta didik mendapatkan pendampingan dari seorang tutor. Keberhasilan peserta didik dalam memahami materi yang telah disampaiakan dan efektiv tidaknya proses pembelajaran tersebut dipengaruhi oleh kemampuan dan kompetensi tutor saat menyampaikan bahan ajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kompetensi tutor, tingkat keefektifan pembelajaran, dan hubungan kompetensi tutor dengan keefektifan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rumus korelasi product moment, responden dalam penelitian ini berjumlah 32 peserta didik kesetaraan paket B kelas 7 di SPNF SKB Negeri Kab.Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, dan uji korelasi produk moment. Hasil dalam penelitian ini adalah Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai dari r hitung menunjukkan nilai lebih tinggi daripada nilai r table (0,487 ≥ 0,349) yang artinya ada korelasi yang positive antara kompetensi tutor dengan keefektifan pembelajaran,  hasil tersebut juga didukung dengan perhitungan persentase kompetensi pedagogik 78,57%, kompetensi kepribadian 83,33%, kompetensi social 93,75%, kompetensi professional 81,25% dan untuk keefektifan pembelajaran, mutu pengajaran 87,5%, tingkat pengajaran yang tepat 91,6%, insentif 87,5% dan waktu 75%.

 

References

Abdul Majid. 2005. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Bambang Warsita. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas.
Haidir dan Salim. 2012. Strategi Pembelajaran. Medan : Perdana Publishing
Hamzah B. Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara
Riduwan. 2006. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Robert E. Slavin. 2000. Educational Psychology: Theory and Practice.Pearson Education. New Jersey.
Sanjaya, Wina. 2011. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Siswantari. 2011. Kompetensi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pada Pendidikan Nonformal. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 17, Nomor 5.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Sutisna, A. 2015. Pengembangan Model Bimbingan Teknis Berkelanjutan Dalam Meningkatkan Kompetensi Tutor Paket C. Jurnal Ilmiah Visi Pptk Paudni - Vol. 10, No.2.
Sudadio. 2016. Kontribusi Pengelolaan Pembelajaran Dan Kompetensi Tutor Terhadap Mutu Hasil Belajar Kesetaraan Paket A, B, Dan C Pada SKB Dan PKBM Berbasis Kearifan Lokal Di Provinsi Banten. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), Vol. 1. No 2 Hlm. 129 144.

Downloads

Published

2020-05-06
Abstract views: 353 , PDF Downloads: 256