KOMPETENSI PAMONG BELAJAR DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN E-LEARNING DI SKB TRENGGALEK

Authors

  • Mohammad Rizal Widyanto Universitas Negeri Surabaya
  • Gunarti Dwi Lestari Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Kompetensi Pamong Belajar, Pembelajaran E-Learning, Sanggar Kegiatan Belajar

Abstract

Pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam mencerdaskan bangsa, terutama dalam era saat ini, pembelajaran juga bisa mengikuti perkembangan zaman yang sangat pesat. Salah satu improvisasinya dengan cara pembelajaran melalui e-learnin. Untuk melancarkan pembelajaran tersebut diperlukan kompetensi kepada pamong belajar agar dapat menerapkannya. Kompetensi kepada pamong belajar meliputi kompetensi untuk pengetahuan, pemahaman, nilai, kemampuan, sikap, minat, penyusunan rencana pembelajaran, pelaksanaan interaksi belajar, penilaian pembelajaran, dan pelaksanaan tindak lanjut. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian kepada pamong belajar sebanyak lima orang di SKB Trenggalek. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, obsrvasi, dokumentasi, dan juga menggunakan analisis data yaitu koleksi data, reduksi data, display data, dan verifikasi data. Didukung dengan keabsahan data yang menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dan dependabilitas. Hasil dari penelitian pada Kompetensi Pamong Belajar dalam Penerapan Pembelajaran E-Learning di SKB Trenggalek menunjukkan bahwa pamong belajar masih sangat minim dibuktikan dengan persentasi 25% penguasaan kompetensi dalam penerapan pembelajaran e-learning, menurut aspek aspek dalam kompetensi pamong belajar yaitu aspekĀ  pengetahuan, pemahaman, nilai, kemampuan, sikap, minat, penyusunan rencana pembelajaran, pelaksanaan interaksi belajar, penilaian pembelajaran, pelaksanaan tindak lanjut. Beberapa faktor di antaranya yaitu faktor usia, kurangnya pengetahuan tentang iptek, dan faktor kesehatan. Faktorfaktor tersebut mengakibatkan pamong belajar masih belum berkompeten dalam pembelajaran e-learning.

References

Emzir, (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta : Rajawali Press
Gunawan, Imam. (2003). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktek. Jakarta : PT Bumi Aksara
Kunandar. (2002). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidika (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Yogyakarta : Rajawali Press
Maria Veronika Roesminingisih. 2018. Analisis Kinerja Pamong Belajar Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Kediri. Jurnal Pendidikan Untuk Semua. Vol 2 No 1 Hal 19 26. (https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls/article/view/4448) diakses pada 18 April 2020

Moeloeng, Lexy J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosadakarya
Nasution, S, (2003). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta : PT Bumi Aksara
Pianda, Didi. (2018). KINERJA GURU Kompetensi Guru, Motivasi Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah. Sukabumi : CV Jejak
Riyanto, Yatim. (2001). Metodologi Penelitan Pendidikan. Surabaya : SIC
Riyanto, Yatim. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif & Kuantitatif. Surabaya : UNESA University Press
Susilo, Heryanto. 2017. Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi dalam Meningkatkan Motivasi Belaja Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. Vol 6 No.2 (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-luar-sekolah/article/view/19586/17904) diakses pada 18 April 2020

Downloads

Published

2020-05-06
Abstract views: 652 , PDF Downloads: 411