HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK TUTOR DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KEJAR PAKET C DI PKBM BAHTERA DUA KOTA BLITAR

Authors

  • Aulia Nuviana Faujiah Universitas Negeri Surabaya
  • Soedjrwo - Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Kompetensi Pedagogik, Motivasi Belajar

Abstract

Kompetensi pedagogik adalah kemampuan seorang tenaga pendidik dalam proses pembelajaran. kompetensi pedagogik meliputi pengelolaan kelas yang efektif, praktik mengajar yang efektif, penilaian yang efektif dan ketrampilan teknologi. Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak atau dorongan di dalam diri siswa untuk melakukan kegiatan belajar yang ditandai perubahan energi untuk mencapai tujuan yang dikehendaki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kompetensi pedagogik tutor dengan motivasi belajar peserta didik kejar paket C di PKBM Bahtera Dua Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Responden yang diteliti sejumlah 82 peserta didik. teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menngunakan rumus korelasi product moment.Hasil penelitian menunjukkan nilai r hitung lebih besar dari r tabel yaitu (0,976 > 0,448) artinya terdapat hubungan yang positif antara kompetensi pedagogik tutor dengan motivasi belajar peserta didik kejar paket C di PKBM Bahtera Dua Kota Blitar. Hubungan antar kedua variabel termasuk dalam kategori sangat kuat karena berada pada interval koefisien 0,80-0,100. Dengan demikian apabila apabila kompetensi pedagogik tutor ditingkatkan maka motivasi belajar peserta didik juga akan meningkat begitupun sebaliknya.

References

Gunarti Dwi Lestari.(2016).Using Media Education Radio to Improve Student Learning Motivation Package C at PKBM AL-HIKMAH SUKODONO KABUPATEN SIDOARJO. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol.1.No.4.
Heryanto Susilo (2017).Implementation of Blended Learning in Improving Motivation of Vocational Package C Students at Community Learning Center. The 1th International Conference on Education Innovation (ICEI), Vol.1.No.1.
Majid, Abdul. (2005). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung:: Alfabeta.
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung :Sinar
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Downloads

Published

2020-05-06
Abstract views: 224 , PDF Downloads: 183