PENGARUH MANAJAMEN PEMBELAJARAN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM AQUAPONIK DISEKOLAH ALAM SAN HIKMAH KOTA MALANG

Authors

  • Febryanti Putri Kartika Universitas Negeri Surabaya
  • Soedjrwo - Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Manajemen Pembelajaran, Kemandirian Belajar, Program Aquaponik

Abstract

Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh manajemen pembelajaran terhadap kemandirian belajar peserta didik melalui program aquaponik di sekolah alam sanhikmah kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian one group pretest dan postest design. Responden dalam penelitian ini sebanyak 30 peserta didik disekolah alam sanhikmah kota Malang.  Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji T berpasangan. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh manajemen pembelajaran terhadap kemandirian peserta didilk melalui progam aquaponik di sekolah Alam Sanhikmah kota Malang terjadi hubungan yang sangat kuat dimana tabel postest nilai (sig. [2-tailed] sebesar 0,000. Hal ini berarti lebih kecil dari nilai 0,05, sehingga dapat ditarik keputusan pada saat postest manajemen pembelajaran ada hubungan dengan kemandirian belajar dengan nilai korelasi sebesar 0,653 (antara 0,6 dan 0,8) dimana terjadi hubungan yang kuat.

References

Ainissyifa,H., (2014). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan UNIGA,8(1),pp.1-26.
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Peneliian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : RinekaCipta.
Djarwanto.1991. Statistik NonParametik Edisi 2. BPFE : Yogyakarta
Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Haris Mudjiman. (2007). Belajar Mandiri. Surakarta: LPP UNS.
Novan Ardy Wiyani. (2013). Manajemen Kelas: Teori dan Aplikasi untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Riyanto.Y.2007.Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuanitatif. Surabaya : Unesa University Press.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta.
Tuu, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Downloads

Published

2020-05-06
Abstract views: 124 , PDF Downloads: 205