KOMPETENSI TUTOR DAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI LEMBAGA KURSUS ENGLISH IS FRIEND SURABAYA

Authors

  • Zalma Syafira Universitas Negeri Surabaya
  • Maria Veronika Roesminingsih Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Tutor competence, quality of learning.

Abstract

Penggunaan bahasa Inggris di era saat ini tentunya sangat penting. Namun lembaga formal dirasa belum cukup untuk memberikan pendidikan berbahasa yang maksimal. Untuk itu muncullah lembaga kursus bahasa. Salah satu lembaga kursus bahasa di Surabaya bernama lembaga kursus English Is Friend. Lembaga ini berada di Surabaya bagian barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi tutor serta kualitas pembelajaran di lembaga kursus English Is Friend Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tutor di lembaga kursus memiliki kompetensi yang mendukung pembelajaran walaupun belum sepenuhnya. (2) kualitas pembelajaran di lembaga kursus EIF memperhatikan perilaku pendidik, aktivitas peserta didik, iklim pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, serta sistem pembelajaran. (3) Peran tutor yang menonjol dalam memaksimalkan kegiatan pembelajaran adalah adalah fasilitator dan motivator. Semakin baik kompetensi yang ada pada diri tutor di lembaga kursus EIF tentunya semakin baik pula kualitas pembelajarannya.

References

Alfia, Anifa Nur. 2014. Å“Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SD Yayasan Mutiara Gambut. Jurnal Admnistrasi Pendidikan. Vol 2(1): 65-72
Depdiknas. 2005. Pembinaan Profesionalisme Tenaga pengajar (Pengembangan Profesionalisme Guru). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama Depdiknas.
Herlinda, Susi. 2018. Pembelajaran PAUD dengan Strategi Outdoor. Journal of Islamic Early Childhood Education. 1(1), 67-74.
Kamil, Mustofa. 2007. Model Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Alfabeta.
Kurniawati, Arik. & M. Kautsar Sophan. 2017. Perancangan Aplikasi Learning By Doing Interaktif Untuk Mendukung Pembelajaran Bahasa Pemrograman. Jurnal Teknologi dan Informasi Komputer. 5(2), 163-170.
Manizar, Elly. (2017). Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Belajar. Tadrib, 1(2), 204-222.
Muhtadi, Ali. 2005. Penanaman nilai-nilai agama Islam dalam pembentukan sikap dan perilaku siswa SDIT Luqman Al-Hakim. Tesis Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Tidak diterbitkan.
Mulyasa, E. 2008. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, 2010. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta:Bumi Aksara.
Nata, Abuddin. 2009. Perspektif Islam tentang Strategi pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Nusantara, Widya. 2018. Kesesuaian Antara Standar Kompetensi Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat Dengan Materi Kuliah Pada Prodi PLS Unesa. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 2(1), 27-34.
Prasetyo, Hari Agus. 2013. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Kompter Pada Siswa Kelas IV A SDN Bendan Ngisor. Skripsi. FKIP PGSD: Universitas Negeri Semarang. Diakses pada 23 Juli 2019 dari http://lib.unnes.ac.id/.
Raharjo. Tri Joko. 2005. Model Pengembangan Tenaga Kependidikan Tutor Kesetaraa Kejar Paket A, B, dan C. Semarang: Unnes Press.
Riyanto, Yatim. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: UNESA University Press.
Rahmiyati, Sri. 2008. THE EFFECTIVENESS OF LABORATORY USE IN MADRASAH ALIYAH IN YOGYAKARTA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 11(1), 88-100.
Riyana, Cepi & Susilana Rudi. 2009. MEDIA PEMBELAJARAN: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima.
Riyanto, Yatim. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: UNESA University Press.
Soedjarwo & Widodo. 2018. Analisis Kebutuhan Pendidikan Non Formal di Sekolah. Proceeding Seminar Nasional dan Temu Kolega PLS Se-Indonesia. (Hlm. 21-25.
Sugono, Dedy. 2008. Pengindonesiaan Kata dan Bahasa Asing. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Vusparatih, Dian Sekar. 2014. Peranan Komunikasi Guru dan Implementasi Kurikulum 2013. Humaniora, 5(1), 387-397.
Waluyo, Yogatri. 2014. Peran Tutor dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Peserta Didik melalui Pendekatan Andragogi di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kabupaten Banjarnegara. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

2020-05-06
Abstract views: 313 , PDF Downloads: 1317