HUBUNGAN PARENTING EDUCATION DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI KB-TK AL BAROKAH

Authors

  • Whyke Rahmah Kartika Universitas Negeri Surabaya
  • Yatim Riyanto Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Pelatihan, motivasi berwirausaha

Abstract

Parenting Education, yaitu Pendidikan untuk orangtua yang bertujuan untuk dapat membimbing anak mereka menjadi pribadi yang baik dan berkualitas. Parenting Education dilaksanakan dengan memberikan bekal kepada orang tua terutama seorang ibu agar dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehingga nantinya dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui anak anak mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan Parenting education  dalam pendidikan karakter anak usia dini di KB/TK Al Barokah Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 30 orang tua siswa di KB/TK AL-Barokah Kota Surabaya.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis product moment. Parenting education memiliki hubungan yang positif dengan pembentukan karakter anak usia dini yang ditunjukkan dengan r-hitung yang lebih besar dari rtabel (0,787 ≥ 0,361). Hubungan positif yang dimaksud adalah jika pelaksanaan parenting education berjalan dengan baik. Hasil uji signifikan jugamenunjukan bahwa t- hitung lebih besar dari pada t- tabel (8,577 ≥ 2,048) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang posoti dan signifikan antara Parenting education dengan pendidikan karakter anak usia dini.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bohlin, K., Farmer, D., & Ryan, K. (2001). Building Center in School: Resource guide. California: Jossey-Bass.
Depdiknas, 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Doroty Law Nolte. 2000. Revolusi Cara Belajar.Terjemahan word Translation service, Bandung:Kaifah.
Hadi, Sutrisno. 2001. Metodologi Research Jilid III. Yogyakarta: Andi Offset.
Riyanto, Yatim.2007. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya : Universitas Negeri Surabaya.
Sugiyono.2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&G. Bandung : ALFABETA.
Sukrisno, D. (2013). Efektivitas pelaksanaan parenting education di paud taram SKB Kabupaten Trenggalek. J+ PLUS UNESA, 2(2).
Yulianingsih, Wiwin dan Gunarti Dwi Lestari. 2013. Pedidikan Masyarakat. Surabaya: Unesa University Press.
Yulianingsih, W., Lestari, G.D. and Rahma, R.A., 2018, September. PARENTING EDUCATION DALAM LITERASI BUDAYA DAN KEWARGAAN. In Prosiding Seminar Nasional & Temu Kolegial Jurusan PLS Se-Indonesia (pp. 55-58).

Downloads

Published

2020-05-06
Abstract views: 295 , PDF Downloads: 601