MARKETING PROGRAM PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

Authors

  • Yuliana Tri Utami Universitas Negeri Surabaya
  • widodo - Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Non-formal education, Marketing Mix, and Community Interest

Abstract

Pendidikan merupakan produk jasa yang dihasilkan oleh lembaga pendidikan yang bersifat non profit. Konsep pemasaran dalam pendidikan bukan untuk mengejar laba atau bersifat komersial.  Pemasaran dalam lembaga pendidikan seperti Sanggar Kegiatan Belajar lebih ditujukan untuk memberikan layanan yang prima kepada konsumen pendidikan, dan  menghasilkan lulusan yang berkualitas, sehingga keuntungan yang diperoleh berupa bertambahnya minat masyarakat terhadap program pendidikan luar sekolah dan SKB lebih dikenal dinmasyarakat. Penelitian di SKB Bantul ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah pamong, pendidik, dan peserta didik. Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini penerapan strategi marketing di SKB Bantul dinilai sudah tepat, akan tetapi masih kurang maksimal pada beberapa program. Oleh karena itu, perlu adanya strategi marketing yang tepat agar lebih meningkatkan minat masyarakat terhadap program pendidikan luar sekolah.

References

Ali, Muhammad Ridlwan. 2017. Manajemen Pemasaran Pendidikan Non Formal (Studi Kasus di Desa Bahasa Borobudur) Program Studi S1 Manajemen Pendidikan Islam. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
BPS. 2017a. Angka Partisipasi Sekolah (APS) Menurut Provinsi. Jakarta.
BPS. 2017b. Potret Pendidikan Indonesia (Statistik Pendidikan 2017). Jakarta.
BPS Provinsi D.I.Yogyakarta. 2018. Jumlah Murid Putus Sekolah Menurut Jenjang Sekolah. D.I.Yogyakarta.
Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta : Prenada Media Group.
Creswell, John W. 2013. Penelitian Kualitatif Dan Desain Riset. Edisi ke-3. Terjemahan oleh Saifuddin Zuhri Qudsy. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Faizin, Imam. 2017. œStrategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Nilai Jual Masdrasah. Jurnal Madaniyah. Volume 7 (2): hal 261-283.
Ishatono, dan Raharjo, Santosa Sri. 2016. œSustainable Development Goals (SDGs) dan Pengentasan Kemiskinan. Social Work Journal. Volume 6 (2): hal 154-272.
Kambuaya, Carlos. 2015. œPengaruh Motivasi, Minat, Kedisiplinan Dan Adaptasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Peserta Program Afirmasi Pendidikan Menengah Asal Papua Dan Papua Barat Di Kota Bandung. Social Work Jurnal. Volume 5 (2): hal 106-208.
Kemendikbud. 2015. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayan. Jakarta
Pendidikan masyarakat (Dikmas) per Provinsi. Jakarta.
Kotler, Philip. Dan Lane Koller, Kevin. 2008. Mananjemen Pemasaran. Edisi ke-13. Terjemahan oleh Adi dan Wibi. Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama.
Lovelock, Christopher, Jochen Wirtz, dan Jacky Mussy. 2012. Pemasarn Jasa-Perspektif Indonesia. Edisi ke-7. Terjemahan oleh Dian dan Devri. Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama
Mudayan, Ahmad Ahid. 2010. œAnalisis Strategi Pemasaran Produk Laparoscopy Di Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional. Volume 4 (2): hal 76-143.
Pratiwi, Noor Komari. 2015. œPengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga. Volume 1 (2).
Rachmawati, Rina. 2011. œPeranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian terhadap Bisnis Restoran). Jurnal Kompetensi Teknik. Volume 2 (2): hal 143-150. Rahardian, Ar. 2017. Tingginya Angka Putus Sekolah di Indonesia. Dalam CNN Indonesia. 18 April. Jakarta.
Rahmat, Pupu Saeful. 2009. œPenelitian Kualitatif. Jurnal Equilibrium.Volume 5 (9): hal 1-8.
Raya, Moh Khafidz Fuad. 2016. œMarketing Jasa di Institusi Pendidikan (Analisis Pemasaran dalam Pendidikan). Jurnal Studi Keislaman. Volume 7 (1): hal 21-52. Sreenivas, T, Srinivasarao, B dan Rao, Srinivasa U. 2013. œAn Analysis On Marketing Mix In Hospitals. International Journal of Advanced Research in Management and Social Sciences. Volume 2 (4): pp 187-207.
Suhendar, Soedjarwo, dan Ismet Basuki. 2017. Analisis Pengaruh Kepemimpinan Kyai, Budaya Pesantren, Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Mutu Pendidikan Pesantren Di Provinsi Banten. Volume 34(2) : hal 161-171.
Sukotjo, Hendri dan A, Sumanto Radix. 2010. œAnalisa Marketing Mix-7P (Produk, Price, Promotion, Place, Partisipant, Process, dan Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis. Volume 1 (2): hal 216-228.
Sunyoto, Danang. 2012. Dasar-dasar manajemen pemasaran (konsep, strategi, dan kasus). Yogyakarta : CAPS (Center Of Academic Publishing Service).
Tius Eka, Ririn, Bambang Ismanto, dan Bambang Suteng Sulasmono. 2018. "Strategi Pemasaran Sekolah Dalam Peningkatan Minat Peserta Didik Berdasarkan Delta Model". Jurnal Manajemen Pendidikan. Volume 5(1): Hal 1-14.
Tohani, Entoh dan Suryono, Yoyon. 2016. Inovasi Pendidikan Nonformal. Yogyakarta : Graha Cendekia.
Triwiyanto, Teguh. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Widodo. 2015. Pengelolaan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Pada Era Otonomi Daerah. Volume 2(1) : hal 96-106.
Widodo, S. Mundzir, dkk. 2016. Analysis of Non-Formal Education Leadership. Volume 88(3) : pp 230-235.
Wijayanti, Titik. 2018. Marketing Plan Dalam Bisnis. Edisis ke-3. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Yin, Robert K.. 2015. Studi Kasus : Desain dan Metode. Edisi ke-1. Terjemahan oleh M.Djuazi Mudzakir. Jakarta : Rajawali Press.
Yulianingsih, Wiwin., Supriyono, dan Ach.Rasyad, Umi Dayati. 2016. Implementation lifelong learning: The Adult Learners Based Learning Needs. Volume 88(3) : pp 169-172.
Zevi, Irfan. 2018. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Pada Pt. Proderma Sukses Mandiri Program Studi S1 Ekonomi Syariah. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Downloads

Published

2020-05-06
Abstract views: 1760 , PDF Downloads: 1065