HUBUNGAN ANTARA PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PESERTA DIDIK DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR PLUS ILHAMI

Authors

  • Moh Fahmi Amrizal Universitas Negeri Surabaya
  • Gunarti Dwi Lestari Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Pelatihan, motivasi berwirausaha

Abstract

Lembaga Bimbingan Belajar merupakan satuan pendidikan nonformal yang menyediakan kesempatan belajar kepada siswa suatu jenjang pendidikan formal guna memperdalam pemahaman pelajaran tertentu. Lembaga Bimbingan Belajar Plus Ilhami merupakan salah satu Lembaga bimbingan yang menyediakan kesempatan tersebut dengan memaksimalkan  pengelolaan pembelajarannya, karena kualitas layanan pengelolaan pembelajaran berhubungan dengan kepercayaan siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara pengelolaan pembelajaran dengan kepuasan peserta didik di Lembaga Bimbingan Belajar Plus Ilhami. Penelitian ini menggunakan pendekatan teknik kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Jumlah respondennya adalah 78 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa r-hitung lebih besar dari r-tabel (0,715 ≥ 0,2199) dan memiliki hubungan tinggi karena berada pada interval koefisien (0,60 - 0,799). Hasil uji signifikan menunjukkan bahwa harga t-hitung lebih besar dari t-tabel (8,919 ≥1.9967). Sehingga dapat disimpulkan bahwa antara kedua variabel tersebut terdapat hubungan positif, signifikan dan searah antara pengelolaan pembelajaran dengan kepuasan peserta didik.

References

Abdulhak, Ishak dan Ugi Suprayogi. 2012. Penelitian Tindakan dalam Pendidikan Nonformal. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Heyneman, Stephan P. 2011.œPrivate Tutoring and Social Cohesion, Peabody Journal of Education, 86:2, 183-188, (online), (http://www.vanderbilt.edu/peabody/heyneman/PUBLICATIONS/181 SH Private Tutoring and Social Cohesion.pdf, diakses 5 Desember 2016)
Mukminin. 2009. Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Semarang: UNNES Press
Nurkolis. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah: Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia
Nursalim, Mochamad, dkk. 2007. PSIKOLOGI PENDIDIKAN. Surabaya: Unesa University Press
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 41 tahun 2007. Standard Proses Penyelenggaraan Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A tahun 2013. Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kemendikbud
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 tahun 2013. Pendirian Satuan Pendidikan Nonformal. Jakarta: Kemendikbud
Pontjorini, R., Prima, G.Y., & Rochaety, E. (2005). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Sudjana S., H. Djuju. 2004. Pendidikan Nonformal: Wawasan, Sejarah Perkembangan, Filsafat, Teori Pendukung, Asas. Bandung: Falah Production
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surya, M. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Alfabeta
Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
UU R.I No.20 Th.2003 Tentang SISDIKNAS dan PP R.I Th.2003. 2014. Bandung : Citra Umbara.

Downloads

Published

2020-05-06
Abstract views: 464 , PDF Downloads: 1955