HUBUNGAN LAYANAN KELOMPOK BERMAIN (KB) DENGAN KEPUASAN ORANG TUA DI PAUD KUNCUP HARAPAN

Authors

  • Arini Dwi Cahyani Universitas Negeri Surabaya
  • Heryanto Susilo Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Layanan, Kepuasan, Kelompok Bermain (KB), Orang Tua

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum terpenuhnya kebutuhan masyarakat akan Kelompok Bermain (KB), menjadi salah satu permasalahan yang terjadi pada layanan PAUD. Pemerataan pendidikan khususnya Kelompok Bermain (KB) masih rendah hal ini disebabkan oleh faktor pendanaan. Hal demikian yang dapat merasakan  pelayanan Kelompok Bermian (KB) cenderung berasal dari kalangan orang yang berpenghasilan tinggi dan tidak untuk semua kalangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan layanan Kelompok Bermain (KB) dengan kepuasan orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Pengambilan responden di Kelompok Bermain (KB) Kuncup Harapan dengan sasaran orang tua yang berjumlah 45 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus Product Moment untuk menganalisis angket. Hasil penelitian menunjukkan layanan Kelompok Bermain (KB) memiliki hubungan positif signifikan dengan kepuasan orang tua di PAUD Kuncup Harapan yang ditunjukkan dengan rhitung > rtabel (0,623>0,294) dengan nilai sig= 0,000< 0,05. Sehingga jika layanan Kelompok Bermain (KB) semakin baik maka akan bertambah tinggi tingkat kepuasan orang tua dan sebaliknya jika layanan Kelompok Bermain (KB) buruk maka akan rendah kepuasan orang tua.

References

Prianto, Agus. 2011. Faktor-Fakor yang Memepengaruhi Kepuasan Orang Tua TerhadapLayanan Pendidikan di Sekolah (Studi Pada Sekolah Unggulan di Kabupaten Jombang. Jurnal Aplikasi Manajemen volume 9 Nomer 3 Halaman 1062.
Apriyani Aliyyah D. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 51 (2) : 1-7
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Peneliian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : RinekaCipta.
Data Statistik Kelompok Bermain. 2018. Data Statistik Pendidikan Non Formal (PNF) Kelompok Bermain Tahun 2017/2018. Jawa Timur. Badan Statisik Jawa Timur.
Direktorat PAUD dan Dikmas. 2004. Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.
Hakim Arif. 2019. Tingkat Kepuasan Orang Tua terhadap Layanan Pendidikan Lembaga PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (2) : 53-61
Irawan Handi. 2009. Ilmu pendidikan. Yogyajakrta : UNY Press.
Kurniwati Yuyun. 2018. Hubungan Layanan Anak Usia Dini pada Program œDay Care dengan Tingkat Kepuasan Orang Tua. Unesa University Press, 1(1) : 1-7.
Panjaitan Efendi J. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada JNE Cabanng Bandung. DeReMa Jurnal Manajemen , 11 (2) : 265-289.
Puung Kurnia F. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan pada Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan di Salon dan SPA. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi, 4 (20 : 105-110.
Riyanto.Y.2007.Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuanitatif. Surabaya : Unesa University Press.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Suyadi dan Ulfah,Mlidya. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Tjiptono, Fandy. 2009. Service Marketing : Eksensi dan Aplikasi. Yogyakarta : Marknesis.
Tjiptono, Fandy. 2004. Perspektif Manajemen dan Pemasaran Konteporer. Yogyakarta : Andi.
Yulianingsih Wiwin. 2017. Pendidikan Masyarakat. Surabaya : Unesa University Press.

Downloads

Published

2020-05-06
Abstract views: 372 , PDF Downloads: 307