ANALISIS POLA ASUH GRANDPARENTING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI TK DHARMA WANITA DI DESA DROKILO KECAMATAN KEDUNGADEM KABUPATEN BOJONEGORO

Authors

  • Ishvi Oktavenia Eriyanti Universitas Negeri Surabaya
  • Heryanto Susilo Universitas Negeri Surabaya
  • Yatim Riyanto Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Grandparenting, Pembentukan karakter

Abstract

Grandparenting merupakan pengasuhan anak yang dilakukan oleh kakek dan nenek. Pengasuhan anak menjadi tanggungjawab kedua orangtuanya, namun karena beberapa faktor tanggungjawab tersebut dialihkan kepada keluarga yang lebih luas. grandparenting membentuk karakter anak dengan pengasuhan grandparenting dengan itu anak lebih memiliki karakter yang baik dan sama pada umumnya. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh yang digunakan kakek dan nenek dalam pembentukan karakter anak di TK Dharma Wanita I Drokilo. Dalam pola asuh yang dilakukan oleh kakek nenek menerapkan 3 indikator dalam metode penelitian yakni 1). Mengasuh dengan memberikan pujian, 2). Mengasuh dengan memberikan nasihat, 3). Mengasuh dengan memberikan hukuman. Kemudian dalam pengasuhan di terapkan Pendidikan karakter anak yakni 1). Keagamaan 2). Kemandirian 3). Kedisiplinan

References

Fitri, Zaenal, Agus.2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai &Etika sekolah. Jogjakarta.
Syamsu, Yusuf LN. 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hurlock, Elizabeth B. 2003. Psikologi Perkembangan, Erlangga: Jakarta.
Jailani, M Syahran. 2014. Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggungjawab Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Vol.8 No 2 hal 245-260
Aziz, Sarifudin. 2015. Pendidikan Keluarga Konsep dan Strategi. Yogyakarta: Gava Media
Skaggs, Gary and Boden Horn. 2006. Relationships Between Implementing Character Aducation, Student Behavior, and Student Achievement.: Journal Virginia polytechnic Institute and State University Vol: 18 No 1:82-114. Diambil dari http://journals.sagepub.com/doi/abs/10.4219/jaa-2006-345
Lestari, Gunarti Dwi. 2017.Parenting Styles Of Single Parents For Social Emotional Development Of Children At Early Childhood.: Journal Nonformal Education Departement, Universitas Negeri Surabaya. Diambil darihttps://download.atlantis-press.com/article/25886504.pdf
Ilfi Nur Dina. 2016. Peran orangtua pada program keluarga berlingkungan Pendidikan (KBP) dalam meningkatkan kedisiplinan anak di kelurahan kauman Kota Mojokerto. Skripsi: Tidak Diterbitkan.
Pala, Aynur. 2011. The Need For Character Aducation. Journal Celal Bayar University. Volume 3 Nomer 2: 23-32 di ambil dari http://www.sobiad.org/ejournals/journal_ijss/arhieves/2011_aynur_pala.pdf.
Riyanto,Yatim.2007. Metedologi Penelitian (Kualitatif dan Kuantitatif), Surabaya:Unesa University Press.
Sugiono,2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Mussen.1994. Perkembangan dan Kepribadian Anak. Jakarta. Arcan Noo
Djamrah, Syaiful Bahri.2014. Pola Asuh Orangtua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2019-04-10
Abstract views: 1680 , PDF Downloads: 2811