UPAYA PEMULIHAN MORAL MELALUI BADAN KETAKMIRAN MASJID BAITURRAHMAN PERUMAHAN BUKIT CEMARA TIDAR KOTA MALANG

Authors

  • Fais Quranianto Universitas Negeri Malang

Keywords:

Moral, Kelembagaan, Pendidikan masyarakat

Abstract

Degradasi moral berupa kemunduran perilaku dan sikap atas budi pekerti banyak terjadi dilingkungan remaja. Salah satunya, remaja di Perumahan Bukit Cemara Tidar, Kota Malang. pengupayaan yang dilakukan oleh masyarakat untuk menangani permasalahan tersebut melalui Badan Ketakmiran Masjid Baitturahman. Tujuan dalam penelitian ini berupa faktor penyebab terjadinya degradasi moral pada remaja, dan upaya yang dilakukan oleh Badan Ketakmiran Masjid dalam mengatasi permasalahan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa Metode Kualitatif dengan jenis Kualitatif Deskripsi. Teknik pengambilan data untuk mendukung penelitian ini berupa pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh berupa degradasi moral yang terjadi dilingkungan remaja Perumahan Bukit Cemara Tidar, disebabkan oleh sub budaya menyimpang dalam pergaulan mereka. Sub kebudayaan yang menyimpang berupa meniru tingkah laku orang-orang dewasa yang melakukan perbuatan tersebut pula. Selain itu, media sosial pula yang membentuk degradasi moral pada remaja di Perumahan Bukit Cemara Tidar. Upaya yang dilakukan oleh Badan Ketakmiran Masjid dalam pemulihan moral melalui kegiatan ubudiyah seperti pengajian TPQ, diklat Pendakwahan,dan beberapa kegiatan ketrampilan.

References

Data 2017 Komisi Perlindungan Anak Indonesia tentang Kasus Anak Nasional.
Undang-undang no. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wahab, Abdul. 2015. Pengertian & Contoh Pendidikan Formal, Nonformal, Informal, (Online), (http://www.gurupantura.com/2015/05/pendidikan-formal-nonformal-informal.html). Diakses pada 10 Oktober 2018.
Herdiansah, R. A. (2016). Peran Organisasi Masyarakat (ORMAS) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dalam Menopang Pembangunan di Indonesia. Sosioglobal, 46-67.

Downloads

Published

2019-04-10
Abstract views: 174 , PDF Downloads: 271