PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA YANG BEKERJA PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) MANIK-MANIK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK REMAJA

Authors

  • Tutus Dwi Mitya Universitas Negeri Surabaya
  • Soedjrwo - Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Parenting, Adolescenst Learning Motivation

Abstract

Pola Asuh adalah cara atau metode pengasuhan yang digunakan oleh orang tua agar anak dapat tumbuh menjadi individu yang dewasa secara sosial. Dengan pengertian tersebut, dapat dipahami bahwa pengasuhan anak yang dimaksud adalah kepemimpinan dan bimbingan yang dilakukan terhadap anakyang berkaitan dengan kepentingan hidupnya. Pola asuh menurut Hurlock dibagi tiga, yaitu Pola asuh otoriter, pola asuh demokratis, dan pola asuh permisif. Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar remaja yang orang tuanya bekerja di UMKM manik-manik Dusun Gambang, Desa Plumbon Gambang, Kecamatan Gudo, Kabupaten Jombang.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui adanya pengaruh dari satu variabel bebas terhadap satu variabel terikat. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan 50 responden. Hasil penelitian menggunakan analisis of variance (Anova) dan uji t, menunjukkan bahwa adanya pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar anak remaja. Dari hasil uji hipotesis pola asuh otoriter sebesar 0,001, pola asuh demokratis sebesar 0,000, dan pola asuh permisif sebesar 0,284. Sehingga hipotesis penulis mengatakan bahwa adanya hubungan yang signifian antara pola asuh orang tua dengan motivasi belajar.

 

References

Adkon, Riduwan. 2006. Metode dan Tekhnik menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Agus Santoso. 2010. œStudi Deskriftif Effect Size Penelitian- Penelitian di Fakultas
Ahmadi, A. (2009). Psikologi Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Akdon, Riduwan. (2011). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung : Alfabeta
Ali M. & M. Asrori. (2008). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta : Rineka Cipta
Bakar, Ramli. 2014. œThe Effect Of Learning Motivation On Students Productive Competencies In Vocational High School, West Sumatra. Internasional Journal of Asian Social Science.
Darajat, Z. (n.d.). Perawatan Jiwa untuk Anak. Diakses
25 Mei 2018, Dari www.google.com/http://
makalah-ibnu.blogspot.com
Djamarah, & S. B., D. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: PT Rineka Cipta..
Emzir. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Emzir. 2015. Teori dan Pengajaran Sastra. Bandung: PT Raja Grafindo Persada.
Farida, A. (2014). Pilar-pilar Pembangunan Karakter Remaja; Metode pembelajaran Aplikasi untuk Guru Sekolah Menengah. Bandung: Nuansa Cendekia.
Gunarsa , Yulia singgih D.. 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.
Hamzh. 2006. Teori Motivasi dan pengukurannya . Jakarta: Bumi Aksara
Juntika, Nurihsan, Yusuf, Syamsu, 2010, Landasan Bimbingan dan Konseling, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Martin , H. (1992). Motiv. Yogyakarta: Kanisius. Mochammad, N. (2007). Psikologi Pendidikan. Surabaya:Unesa University Press.
Nashar, Drs. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan awal dalam kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.
Ningrum, M. A., & Ningrum, M. A. (2016). Pola Pengasuhan Anak Usia Dini. Surabaya: Unesa University Press.
Prawira, P. A. (2011). Psikologi Pendidikan Dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.Psikologi Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta: Jurnal
Penelitian Purbasari,
Purwanto , N. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Soelaiman, J. (1992). Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Steinberg, Laurence. (1995). Adolescene Sanfrancisco : McGraw-Hill Inc.
Sudiapermana, E. (2012). Pendidikan Keluarga. Bandung: Bandung: EDUKASI Press.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta:Bandung.
Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Bandung:Alfabeta.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (sidiknas) No.20 Tahun 2003. Jakarta: Sinar Grafika
Yusuf, S. (2014). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung.

Downloads

Published

2019-05-23
Abstract views: 1076 , PDF Downloads: 548