HUBUNGAN ANTARA PERAN FASILITATOR DENGAN KEMANDIRIAN WARGA BELAJAR DI LSM ADEMOS

Authors

  • Dewi Safitri Rizquna Universitas Negeri Surabaya
  • Soedjrwo - Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Role, Facilitator, Independence of Learning Community.

Abstract

Fasilitator merupakan seseorang  yang  menyediakan fasilitas  dalam  masyarakat. Peran  fasilitator sebagai pemegang kendali dalam menggerakan partisipasi masyarakat . dalam penelitian ini peran fasilitator yang dibahas adalah peran sebagai inspirator, sebagai informator, sebagai motivator, sebagai pendamping dan sebagai mediator dalam meningkatkan kemandirian warga belajar. Kemandirian warga belajar merupakan tolok ukur utama dalam mengembangkan program - programnya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakaj ada hubungan antara peran fasilitator sebagai inspiratory, informatory, motivator, pembimbing serta mediator dan kemandirian warga belajar di LSM Ademos Bojonegoro. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui adanya hubungan dari satu variabel bebas terhadap satu variabel terikat. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan empat puluh warga belajar yang mengikuti program sebagai responden, dan sepuluh warga belajar program sinau bareng sebagai alat uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menggunakan analisis of variance (Anova) dan Uji t , menunjukkan bahwa adanya peran fasilitator sebagai inspirator, pembimbing dan mediator dalam meningkatkan kemandirian warga belajar. Dari hasil uji hipotesis Peran sebagai inspirator sebesar 0,001, peran sebagai pembimbing 0,000 dan peran sebagai mediator 0,000. Sehingga hipotesis penulis yang menyatakan bahwa œadanya hubungan yang signifikan antara peran fasilitator dengan kemandirian warga belajar dapat diterima.

References

Fasilitator dalam Pemberdayaan Masyarakat Pada Program Penataan Lingkungan Pemukiman Berbasis Komunitas. Jurnal Sosiologi Dilema Volume 32. Juli 2017.
Data Penduduk Usia Produktif Masyarakat Bojonegoro (online) (http://bojonegorokab.go.id/), (diunduh pada tanggal 28 Maret 2018)
Data di Jawa Timur. (online) https://jatim.bps.go.id/, diakses pada 28 Maret 2018) Data Lembaga Swadaya Masyarakat Ademos Kabupaten Bojonegoro per Januari 2017.
Hogan, Christine. 2002. Understanding Facilitation:
Theory and Principles. (Ebook), London: Kogan Page Limitted, (http://m.bookfi.net/book/1054955, diunduh pada 4 Oktober 2018).

Kamil, Mustofa. Tahun tidak dicantumkan. Karakteristik Kemandirian Dalam Konsep Pendidikan Nonformal. Artikel. MUSTOFA_KAMIL/kemandirian.pdf, diunduh 07 Juli 2018).
Laksmi, Suci. Berita Kemiskinan di Tingkat Provinsi Jawa Timur (online), https://www.kompasiana.com/slaks misari/5900c44cce7e616b52aaf3bd/k emiskinan-di- provinsi-jawa- timur?page=all, diunduh 12 April 2018).
Soekanto, Soerjono. 2013. Sosiologi suatu pengantar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. 2015. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Cv. Alfabeta. Sugiyono. 2015. Metode penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta. Suharnan. 2012. Pengembangan Skala Kemandirian.Jurnal Psikologi Indonesia. Vol. 1, No. 2. (online), (http://jurnal.untag- sby.ac.id/index.php/persona/article/ view/26/32, diunduh 15 Januari 2017).
Sukmawati, A. œAgen Perubahan dan Peranannya Terhadap Kondisi Sosial Masyarakat Di Desa Mlatiharjo Kecamatan Gajah Kabupaten Demak. Journal of Educational Social Studies, Vol. 2, no. 1, 1, (https://journal.unnes.ac.id/sju/index .php/je ss/article/view/1297, diakses pada 19 Mei 2018).

Downloads

Published

2019-05-23
Abstract views: 424 , PDF Downloads: 253