PERAN FASILITATOR PARENTING DALAM PENGEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA DINI

Authors

  • Rani Mucharomah Universitas Negeri Surabaya
  • Sjafiatul Mardliya Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Role of facilitator, parenting, social development

Abstract

Fasilitator memiliki peran penting dalam pengembangan sosial anak didik PAUD pada masa masa eksplorasinya. Namun dalam membangun anak mengembangkan sosialnya  terkadang  masih  dianggap  kurang  karena  kurangnya  kegiatan    kegiatan bersama orang tua yang dapat menjalin interaksi anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran fasilitator melalui parenting dalam pengembangan sosial anak didik beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Metode penelitian ini menggunakan penelitian  deskriptif  kualitatif.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  peran  fasilitator dalam  pengembangan sosial  anak  didik  karena  adanya  peran  -  peran  yakni  sebagai korektor, inspirator, informator, organisator, motivator, inisiator, pembimbing, demonstrator dan mediator. Parenting diselenggarakan melalui keterlibatan antara orang tua, anak dan fasilitator untuk mengembangkan sosial anak didik di Kelompok Bermain SALAM. Pengembangan sosial anak dapat dilihat dari 1) interaksi yang terjadi pada anak akibat kegiatan parenting dan 2) dukungan yang diberikan oleh orang tua dan fasilitator pada anak. Faktor pendukung meliputi adanya keterbukaan dari komponen komunitas SALAM, kerjasama antar fasilitator dan orang tua, adanya media dan komunikasi yang tepat. Faktor penghambat meliputi orang tua yang kurang komunikatif dan ketidaknyamanan anak.

References

Aisyah, Siti. 2008. Pembelajaran Terpandu Buku Materi Pokok PGTK20501/2sks/modul. Jakarta : Universitas Terbuka
Brooks, Jane. 2011. The Process of Parenting, terj.Rahmat Fajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Hal 34 40.
Citra, Monikasari. 2013. Pelaksanaan Program Parenting bagi Orangtua Peserta Didik di PAUD Permata Hati. Diklus. 17 (1).
Duverger, M. 2010. Pendidikan Popular : Membangun Kesadaran Kritis. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Hanggara Budi Utomo. 2015. Program Parenting untuk Membangun Generasi Berkarakter pada Anak Usia Dini. Surabaya : Universitas Katolik Widya Mandala.
Herawati, N.I. 2006. Psikologi Perkembangan Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Downloads

Published

2019-05-23
Abstract views: 1506 , PDF Downloads: 1076