PENGEMBANGAN MODUL PROGRAMME LIFE CYCLE (PLC) UNTUK MENINGKATKAN PROFITABILITAS DI LKP BUANA BORDIR COURSE (BCC)

Authors

  • Rofik Jalal Rosyanafi Universitas Narotama
  • Yatim Riyanto Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Community Empowerment Facilitator, competency test, Non-Formal Education

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat belajar mandiri yang berupa Modul Programme Life Cycle (PLC) untuk meningkatkan profitabilitas di LKP Buana Bordir Course (BBC). Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian kali ini menggunakan ADDIE yang merupakan kependekan dari Analisis, Desain, Pengembangan, Pelaksanaan  dan  Evaluasi.  Fokus  pengembangan  menyangkut  dari  sisi  materi  dan  kegrafikaan. Responden dalam penelitian ini adalah pimpinan LKP Buana Bordir Course (BBC), yang tidak lain merupakan pengguna dari modul yang akan dikembangkan. Desain pengujian perangkat yang berupa modul pada penelitian dan pengembangan kali ini menggunakan pola One- Shot Case Study. Analisis yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian kali ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Skor  rata-rata  dari keseluruhan ahli terhadap produk yang telah dikembangkan menunjukkan 3,27 yang secara kriteria, Pada skor tes terkait dengan perolehan profitabilitas lembaga yang setelah menggunakan dan mengimplementasikan materi yang ada di dalam modul yang telah dikembangkan, menunjukkan 40% pada bulan pertama, 45% pada bulan kedua dan 72% pada bulan ketiga dengan rata- rata 52,4%. Perolehan tersebut, cukup meningkat bila dibandingkan dengan 3 bulan sebelum penerapan modul yang telah dikembangkan dengan hanya rata-rata 33%. Berangkat dari analisis tersebut, maka dapat kita tarik kesimpulan bahwa pengembangan Modul Programme Life Cycle (PLC) cukup berhasil dengan lebih meningkatnya Profitabilitas di LKP Buana Bordir Course (BBC) jika dibandingkan dengan Modul Programme Life Cycle (PLC) sebelum dikembangkan.

References

A.B. Susanto, Himawan Wijanarko.2004. Power branding, Membangun merek unggul dan organisasi pendukungnya. Jakarta: PT. Mizan.
Aaker, David A. 1997. Manajemen Ekuitas Merek: Memanfaatkan Nilai dari Suatu Merek, Cetakan Pertama. Jakarta: Mitra Utama.
Absah, Yeni, 2007. Pengaruh Pembelajaran Organisasi, Kompetensi, dan Tingkat Diversifikasi terhadap Kinerja Perguruan Tinggi Swasta di Sumatera Utara, Disertasi. Surabaya: Universitas Airlangga.
Agus Sartono. 2010. Manajemen Keuangan Teori danAplikasi, Edisi 4. Yogyakarta: BPFE.
Arifin, Zainal 1994. Pendekatan Dalam Proses BelajarMengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.
Bambang Riyanto. 1999. Dasar-Dasar Pembelanjaan. Yogyakarta: BPFE.
Brigham, Eugene dan Joel F Houston, 2001. Manajemen Keuangan II. Jakarta: Salemba Empat. Brigham, Eugene F. and
Joel F. Houston, 2001.Fundamentals of Financial Management, NinthEdition. United States of America: Horcourt College.
Brigham, Eugene.F dan Joel F. Houston. 2009. Dasar- dasar Manajemen Keuangan. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2019-04-07
Abstract views: 202 , PDF Downloads: 318