PENERAPAN KOMUNIKASI DIALOGIS PENDAMPING MASYARAKAT PROGRAM PKH DI DESA JOGOMERTO KECAMATAN TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK

Authors

  • Arinda Fatika
  • Widya Nusantara Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Komunikasi dialogis, pendampingan masyarakat, program PKH

Abstract

Kurangnya pendampingan pada program PKH membuat masyarakat bergantung kepada bantuan pemerintah. Begitu juga setelah bantuan diberikan, masyarakat kurang bisa mengelola keuangan dan melakukan hal menyimpang dari tujuan program PKH yang nantinya menjadi boomerang bagi pemerintah karena capaian yang diperoleh melenceng jauh dari tujuan awal yang telah ditetapkan. Adanya penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan komunikasi dialogis dan seberapa besar pengaruhnya di Desa Jogomerto Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk dengan jenis penelitian kuantitatif dan responden sebanyak 30 orang yang merupakan peserta PKH. Mengingat penelitian dilakukan ditengah pandemi maka teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan observasi, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, komunikasi dialogis pendampingan masyarakat program PKH terbukti berjalan cukup baik sesuai dengan prosedur yang ada. Komunikasi dialogis memberikan pengaruh yang cukup tinggi terhadap proses pendampingan masyarakat pada program PKH dengan persentase sebesar 60,4% dan nilai sig. 0,000 < 0,05. Apabila komunikasi dialogis dilakukan dengan baik maka proses pendampingan masyarakat program PKH juga akan berjalan dengan baik, sebaliknya bila komunikasi dialogis dilaksanakan dengan buruk maka proses pendampingan masyarakat program PKH juga akan terhambat. Hasil dari penelitian merekomendasikan untuk memperkuat komunikasi dan keterbukaan antara peserta dan tim pendamping karena itu adalah kunci dari terlaksananya proses pendampingan PKH

References

<p>Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial. (2020, November 25). <em>Pedoman Pelaksanaan Program Keluarga Harapan.</em> Retrieved from PKH (Program Keluarga Harapan): https://pkh.kemensos.go.id/?pg=dokumen</p><p>Goffman, E. (2020). Teori Keterlibatan Interaksi. In A. Nurdin, <em>Teori Komunikasi Interpersonal</em> (pp. 74-78). Jakarta: Kencana.</p><p>Griffin, E. (2020). Teori Pendekatan Interaksi. In A. Nurdin, <em>Teori Komunikasi Interpersonal</em> (pp. 157-158). Jakarta: Kencana.</p><p>Habibullah. (2011). Peran Pendamping pada Program Keluarga Harapan di Kabupaten Karawang. <em>Jurnal Informasi Vol 16 (2)</em>, 101-116.</p><p>Hakim, A., Ribawanto, H., &amp; Utomo, D. (2014). Pelaksanaan Program Keluarga Harapan Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Rumah Tangga Miskin. <em>Jurnal Administrasi Publik Vol. 2 (1)</em>, 29-34.</p><p>Lubis, S. (2018). Komunikasi Dialogis Landasan Masyarakat Demokrasi. <em>Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi</em>, 13-18.</p><p>Nusantara, W. (2014). Transformatif Learning pada Kegiatan Pendampingan Anak Jalanan di Kota Malang. <em>Jurnal Pendidikan Humaniora</em>, <em>1</em>(4), 414-425.</p><p>Rayudaswati, B. (2010). <em>Pengantar Ilmu Komunikasi.</em> Makasar: Kretakupa Print.</p><p>Remanda, F. (Tidak Diterbitkan). <em>Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pekerjaan Umum Kota Pekanbaru.</em> Pekanbaru: PPs Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru.</p><p>Riyanto, Y. (2007). <em>Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif.</em> Surabaya: Unesa University Press.</p><p>Sanusi, D. (2015). Pelaksanaan Komunikasi Dialogis dalam Meningkatkan Efektivitas Kerja Pegawai di Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kecamatan Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. <em>Disertasi Universitas Terbuka</em>, 9-29.</p><p>Sitompul, A., Rizal, F., &amp; Hamdan, A. (2019). Pola Komunikasi Pendamping Program Keluarga Harapan Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat di Kecamatan Percut Sei Tuan. <em>Jurnal At-Balagh Vol. 3 (1)</em>, 2-10.</p><p>Sugiyono. (2016). <em>Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&amp;D.</em> Yogyakarta: Alfabeta.</p><p>Yulianingsih, W., Johnyartha, I., &amp; Mardliyah, S. (2017). Life Long Learning as a Response Toward Learning Society. <em>International Conference on Education Innovation (ICEI 2017)</em> (pp. 373-376). Surabaya: Atlantis Press.</p><p> </p><p> </p><p> </p>

Downloads

Published

2021-06-13
Abstract views: 422 , PDF Downloads: 342