EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PROGRAM KESETARAAN PAKET C DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) BUDI UTAMA SURABAYA

Authors

  • Nur Hasni Sholikhai Universitas Negeri Surabaya
  • Rivo Nugroho Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Efektivas, Pengelolaan, Kejar Paket C. Effectiveness, Management, Chasing Package C.

Abstract

Efektivias pengelolaan program kesetaraan Paket C merupakan serangkaian kegiatan atau tindakan yang saling memiliki hubungan dan ketergantungan secara bertahap, terarah untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan penelitian yaitu mendiskripsikan dan menganalisis (1)efektivitas pengelolaan program paket dengan mengacu pada 4 dasar pengelolaan yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan (2) faktor pendukung (3) faktor pengahambat pelaksanaan program Paket C. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan menggunakan observasi partisipatif, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian efekitviats pengelolaan program Paket C  yang mencakup 4 dasar pengelolaan sudah cukup efektif terbukti dalam perencanaan sudah cukup matang, pengorganisasian sudah terorganisir dan berjalan sesuai dengan bidang serta tanggung jawab masing-masing anggota,  pelaksaannya sudah berjalan sesuai dengan yang direncankan, serta pengawasan yang dilakukan untuk mengetahui atau memantau proses pembelajaran. Faktor penghambat belum memahaminya tutor dengan peserta didik yang berbagai karakteristik usia serta berbagai latar belakang yang berbeda-beda. Faktor pendukung adanya rapat konsilidasi.

References

Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Peneletian Suatu Penekatan Praktek. Jakarta: PT Prestasi Karya.

Departemen Pendidikan Nasioan. 2003. Undang Undang Republik Indnessia Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakrta: Cipta Jaya.

Fatah, Nanang. 2009. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kamil, Mustofa. 2009. Pendidikan Nonformal. Bandung: Alfabeta

Lexy, J Moeleng. 2002. Metodologi Peelitian Kualitatif. Bandung PT. Remaja Rosdakarya.

Nana Sudjana. 2009. Dasar Dasar Manajemen. Bandung : CV. Mandar Maju.

Milles, B, Mattew Dan Michel Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif . Banung : Remaja Rosdakarya.

M. Rohman Dan Sofyan Amri. 2015. Manajmene Pendidikan. Jakarta: PT Prestasi Pustaka.

Peraturan Menteri Penddikan Ansioan Republik Indonesia 2008. Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasioanl.
Sihombing. Umberto & Gutama. 2000. Profil Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Di Indonesia Pada Masa Perintisan. Jakarta: PD Mahkota.

Sihombing. 2001. Pendidikan Luar Sekolah Managemen Strategi. Jakarta: PD Mahkota.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Oendekatan Kuantitatif, Kulaitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sukarna. 2011. Dasar-Dasar Manajemne. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sedighe, Ahmad, Mustofa. 2008. The Concept And Model Of Learning Society In Iran. Journal Of Applied Sociology. University Of Islahan Iran. (Online) (https://www.doaj.org/article/00545028806147faa972275b7c44cdbc). Diakses 30 febuari 2020

Zahrina Firdausya. 2015. Efektivitas Program Kesetaraan Kelompok Belajar Paket C Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarat 11 Manggarai . Jurnal RISENOLOGI UNJ (Online) Vol 1 Edisi 1. (http://ejurnal.kpmunj.org/index.php/risenologi/article/view/23). Diakses 21 febuari 2020

Downloads

Published

2020-12-02
Abstract views: 438 , PDF Downloads: 22