HUBUNGAN ANTARA PENERAPAN STRATEGI JOYFUL LEARNING DENGAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KURSUS BAHASA INGGRIS AL FALAH ISLAMIC COURSE, KAMP OENG SINAOE SIDOARJ

Authors

  • Nilna Tintan Estiana Universitas Negeri Surabaya
  • Soedjarwo Soedjarwo Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

implication of joyful learning strategy, interest in learning, quantitative

Abstract

Minattbelajarradalahhsuatuurasaasenangyyang gmuncul ldalama dirii seseorang saat mendapatkan suatu ilmu yang dipelajarinya. Strategi pembelajarannyangikurang sesuaiidapat menjadiisalahhsatuifaktor yang dapat menurunkan minat belajar. Strategi pembelajaran yang kurang menyenangkan, tutor hanya menerapkan pembelajaran satu arah, akan membuat peserta didik cenderung bosan dan berdampak pada minat belajar peserta didik. Penerapan strategi joyful learning dalam pembelajaran kursus bahasa inggris merupakan solusi yang tepat untuk menciptakan suasana yang senang, aktif serta dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Penelitian dilakukan guna menentukan ada tidaknya hubungan antara strategi joyful learning dengan minat belajar peserta didik di kursus bahasa inggris AllFalahiIslmic CourseiKampoenguSinaoeiSidoarjoi. Penelitian menggunakan penelitianakuantitatiffyang analisisnya menggunakan statistika dengan teknik analisis data korelasi product moment. Subjekidalamipenelitianainiiberjumlah 30 pesertaadidikiprogram kursus bahasa inggris Al Falah Islamic Course, Kampoeng Sinaoe Sidoarjo yang digunakan untuk mengumpulkanadata. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen penelitianiberupaiangketidanipengukuran skala likert. Hasil dari analisis antara strategi joyful learning dengan minat belajar memperlihatkan bahwa tingkatikoefisienikorelasiisebesaro0,684 dengannnilaiosignifikansidsebesarr0.00o(p<0.05). Makai dapat disimpulkan bahwai terdapatt hubungann yangg signifikannantaraipenerapan strategi joyful learning dengan minat belajar

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
”. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Hafidz, M. Fanani. 2015. œKorelasi Antara Strategi Pembelajaran dengan Minat Belajar Warga Belajar di Kelompok Keaksaraan Fungsional Kelurahan Antirogo Kabupaten Jember. Repository Universitas Jember Volume 1: 1-3.
Meier, Dave. 2005. The Accelerated Learning Handbook. Bandung: Kaifa.
Nisfiannoor, Muhammad. 2009. Pendekatan Statistika Modern untuk Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanioka.
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desaain Sistem Pembelajaran . Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudjana, Djaja. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian 2: Ilmu Pendidikan Praktis. Bandung: Pedagogiana Press.
”. 2001. Pendidikan Luar Sekolah: wawasan, sejarah perkembangan, falsafah, teori pendukung, asas. Bandung: Falah Production.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Yulianingsih, Wiwin. 2017. œAdult Interest On Following English Course at BEC Kampung Inggris Kediri. Atlantis Press 297-300.
Yulianingsih, Wiwin. 2016. œImplementation Lifelong Learning: The Adult Learners Based Learning Needs. Atlantis Press 169-172.

Downloads

Published

2020-12-02
Abstract views: 120 , PDF Downloads: 11