IMPLEMENTASI PROGRAM INOVATIF DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DI TBM RW.08 GENTENG, CANDIREJO, SURABAYA

Penulis

  • Arvina Fedriyanti Universitas Negeri Surabaya
  • Ketut Atmaja Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Implementasi, Program Inovatif, Partisipasi Masyarakat.

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendiskripsikan: implementasi program inovatif yang dikembangkan pengelola dalam meningkatkan partisipasi masyarakat, faktor pendukung implementasi program inovatif, faktor penghambat implementasi program inovatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui kondensasi data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan simpulan. Kriteria keabsahan data dengan kredibilitas, transfermabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Inovatif yang dikembangkan; 1) Meningkatkan nilai tambah lembaga; 2) TBM Melakukan sosialisasi dan memberi kesadaran arti pentingnya kepada masyarakat; 3) TBM Menyelengarakan kegiatan yang bermanfaat. Partisipasi masyarakat adanya bantuan; 1) Pemikiran ; 2) Tenaga ; 3) Barang; 4) Uang. Faktor pendukung meliputi: Dukungan dari tokoh masyarakat, masyarakat, dan Organisasi Pemuda literasi, Sarana dan Prasarana yang memadai, Tingkat pengetahuan masyarakat yang luas, Tingkat pendidikan masyarakat rata-rata SMA, Ibu-ibu yang aktif dalam program TBM. Faktor Penghambat adalah : Kesusahan penyesuaian waktu luang warga dengan kegiatan, Kehadiran warga yang tidak tepat waktu, Masyarakat diam atau malu untuk bertanya, Masyarakat tidak berpartisipasi penuh karena terikat jam kerja, Kesusahan penyesuaian kegiatan dengan kriteria peserta.

Referensi

Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Hariwijaya, M. 2007. Metodologi dan Teknik Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi.Yogyakarta : Elmatera Publishing.
Kemendikbud. 2013. Petunjuk Teknis Pengajuan, Penyaluran, dan Pengelolaan Bantuan Taman Bacaan Rintisan.Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat, DITJEN PAUDNI
Margono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mintzberg, Henry, James Brian Quinn, dan Jhon Voyer. 1995. œThe Strategy Process. London: Prentice Hall International, Inc
Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya Offset.
Muhsin Kalida. (2012). Fundraising Taman Bacaan Masyarakat (TBM).Yogyakarta: Aswaja dan Cakruk Publising
Nugroho, R., Rahma R. A., Yualingsih W. 2018. Contributing Factors toward the Participation of Education Equality Program Learners. Jurnal of Nonformal Education. 4 (1) : 79-88
Nusantara, W., & Suryono, B. A. 2018. Pola Pendampingan Fasilitator UMKM Dalam Mewujudkan Sentra Rebana. Jurnal Pendidikan Untuk Semua , 8-18
Riyanto, Yatim. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press.
Sastropoetro,Santoso. 1988. Partisipasi,Komunikasi, Persuasi dan Disiplin Dalam Pembangunan Nasional. Bandung: Alumni.
Soelaiman, Holil. 1985. Partisipai Masyarakat Dalam Pembangunan Berencana. Bandung: BSSW.
Sutarno. 2012. Serba-Serbi Manajemen Bisnis.Yogyakarta: Graha Ilmu.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-12-02
Abstract views: 163 , PDF Downloads: 14