PERAN INSTRUKTUR DALAM MENYIAPKAN KOMPETENSI LULUSAN PROGAM KEAHLIAN PERHOTELAN FRONT OFFICE DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN SURABAYA HOTEL SCHOOL

Authors

  • Herlina Mukti Universitas Negeri Surabaya
  • Heryanto Susilo Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Peran Instrukturs, Pelatihan Perhotelan

Abstract

Artikel ini di tulis hasil penelitian yang didasari oleh banyaknya kompetensi lulusan front office di Lembaga Kursus Pelatihan SHS yang dapat langsung bekerja dan terserap di industri perhotelan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran instruktur dalam menyiapkan kompetensi lulusan progam keahlian perhotelan front office, mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah instruktur, peserta didik, dan pengelola. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran instruktur dalam menyiapkan kompetensi lulusan front office harus memahami materi yang terkait dengan bidang keahlian, memahami karakteristik peserta didik, memanfaatkan media dan alat bantu, membantu dan mengarahkan dalam pemecahan masalah, membangun komunikasi yang efektif kepada peserta didik.

References

A.M. Sardirman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali
Aswidiyanto, Yuda. Soedjarwo. 2020. Peran Instuktur dalam Pelatihan Keterampilan Sulam di Balai Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial PMKS Sidoarjo: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, (4 )1, 16-31
Bagyono.2012.Teori & Praktik Hotel Front Office. Bandung: CV Alfabeta Danim
Sudarwan. 2004. Motivasi Kepemimpinan & Efektivitas Kelompok. Jakarta: PT Rineka Cipta
Depdiknas. UU Sisdiknas No 20. Tahun 2003.Sistem Pendidikan Nasional pasal 39 ayat (2). Bandung: Fokusmedia. Hal:21
Hamalik, Oemar.2007. Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan dengan Pendekatan Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Helmiyana, Zelfy. 2017. Peran Instruktur Terhadap Peningkatan Kemampuan Berkendara di Lembaga Lursus dan Pelatihan Profit Kabupaten Bondowoso: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(4), 123-129
Iin, I., 2017. Upaya Instruktur Dalam Memberdayakan Warga Belajar Melalui Pelatihan Las Smaw Di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Pandeglang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 2(2).
Isfarisa, Nadia. Yatim Riyanto. 2020. Peran Tutor Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kursus Tata Kecantikan Rambut Di LKP Relasi Beauty Salon Gedangan Sidoarjo: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 4(1), 93-99
Marzuki, Saleh. 2012. Pendidikan Non Formal (Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan, dan Andragogi). Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Nusantara, Widya. 2018. Kesesuaian Antara StandarKompetensiFasilitatorPemberdayaan Masyarakat Dengan Materi Kuliah Pada Prodi PLS Unesa. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 2(1), 27-34
Nusantara, Widya. 2018. Pola Pendampingan Fasilitator UMKM Dalam Mewujudkan Sentra Rebana. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 2(1), 8-18
Riyanto, Yatim. 2007. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&G. Bandung: Alfabeta
Zahra, Puji. Ishak Abdullah. Joni Rahmat Pramudina. 2017. Kontribusi Instruktur Terhadap Hasil Belajar Perserta Didik Level II Kursus Menjahit di LPK Putra Kencana 2 Bandung. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 53-62

Downloads

Published

2020-12-02
Abstract views: 248 , PDF Downloads: 25