PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PROGRAM KEWIRAUSAHAAN TATA RIAS DALAM MEMBENTUK PERIAS YANG TERAMPIL DI PKBM INSAN MULIA JOMBANG

Penulis

  • Miftahul Alif Mahmuda Universitas Negeri Surabaya
  • widodo widodo Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Learning management, skilled cosmetic

Abstrak

Program pembelajaran hakekatnya merupakan jawaban terhadap masalah belajar yang dihadapi oleh perorangan dan sekelompok orang (calon peserta belajar). Fokus program pembelajaran pada hakikatnya meliputi aspek : tujuan pembelajaran akan dicapai, bahan atau materi belajar yang diberikan untuk peserta didik, strategi yang digunakan, dan pendekatan penilaian yang akan dilaksanakan untuk mencapi keberhasilan program pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan pembelajaran program kewirausahaan tata rias dalam membentuk perias yang terampil di PKBM Insan Mulia Jombang. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan rancangan yang digunakan adalah studi kasus. Tempat penelitian di PKBM Insan Mulia Jombang. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dikumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah tahapan tersebut data diuji keabsahannya dengan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan pembelajaran program kewirausahaan dalam membentuk perias yang terampil, yaitu pengelolaan yang berpengaruh terhadap hasil yang akan diterima oleh peserta didik.

Referensi

Ananda, R. (2009). Perencanaan Pembelajaran. MedanL LPPPI.
Aritonang, K.T. (2008). Minat Dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 4
Baharudin Dan Elsa Nur Wahyuni. (2008). Teori Belajar Dan Pembelajaran, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Ellyanti, M. (2016). Pengelolaan Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 2-3.
Hidayat, D. (2007). Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Kewirausahaan Masyarakat Program Kejar Paket C. 3.
Koswara, D, Deni Dan Suryadi, (2007). Pengelolaan Pendidikan, Bandung: UPI Press.
Kuslin, T., Asrori, H., & Syam, C. (2014). Pengembangan Strategi Pengorganisasian Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik Untuk Membentuk Sikap Toleransi Antaragama Sisa. Jurnal Pendidikan, 6.
Lukad, Valiant (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK Di Kota Yogyakarta. (2016). 4.
Moleong, Lexi J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Maswan, & Muslimin, K. (2017). Tenologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Noeng Muhajir, Metode Penelitian Kualitatif, ( Yogyakarta: Reka Sarasin, 1989), Hal. 9.
Perdana Sutrisno, V. L. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Di Kota Yogyakarta. 4.
Purwadi, 2003. Kurikulum Di Indoesia, Jakarta: Ciputat Pers.
Riyanto, Y., & Oktariyanda, T. A. (2016). Metodologi Penelitian. Surabaya: Unipress IKIP Surabaya
Rohani, Ahmad. 1997. Pengolahan Pengajaran. Jakarta: Rieneka Cipta.
Sanjaya, W. (2008). Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Siti H., D., Masluyah, & Wahyudi. (2012). Pengelolaan Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. 2.
Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D (Bandung: ALFABETA, 2009). Hal. 9.
Sugiono. (2015). Metodologi Penelitian, Bandungl Alfabeta.
Widodo. (2015). Pengeloaan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Pada Era Otonomi Daerah. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. 3.
Widodo, Mundzir, S., Fatchan, A., & Hardika. (2016). Analysis of Non-Formal Education Learning. Jurnal Pendidikan. 2.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-12-02
Abstract views: 84 , PDF Downloads: 15